9.27.2009

DID U KNOW ????

No comments    
categories: 
Guy....Banyak hal didunia ini yang kita tidak ketahui, nah artikel kali ini ngasih info fakta-fakta tentang hal-hal disekeliling kita… baca2 biar nambah pengetahuan kamu ea....

Payung pertama kali dipakai oleh orang Mesir dan Mesopotamia untuk upacara ritual keagamaan sejak 1.400 M. dan kemudian dipakai untuk melindungi diri dari sengatan sinar matahari. Umbrella berasal dari bahasa latin umbra yang artinya naungan. Kebetulan juga mereka memang labih sering kepanasan daripada kehujanan.

Orang Yunani dan Roma memboyong payung dari Mesir sebagai bagian dari aksesori cewek. Sampai abad 18, payung yang aslinya dibuat dari daun papirus atau bulu binatang itu, tak pernah disentuh oleh cowok. Cowok cukup memakai topi. Cowok yang membawa payung oleh pengarang Francis waktu itu disebut banci.

Gentleman Inggris. Jonas Hanway, yang membuat payung menjadi benda terhormat buat cowok. Tanpa peduli cemohan, sejak tahun 1750, selama 30 tahun Hanway menggunakan payung dijalanan untuk melindungi diri dari siraman hujan.

Akhirnya warga Inggris secara pelan sadar membawa payung jauh lebih praktis dan ekonomis daripada membawa mantel yang berat dan merepotkan itu. Sebelum Hanway meninggal tahun 1786, mereka yang memakai payung di saat hujan disebut ‘bergaya hanway’.

Mandi untuk rekreasi baru dikenal tahun 1800-an sejak ada anjuran dari ahli medis untuk melakukannya sebagai obat anti stres. Dan ini awal baju renang. Bentuknya kayak rok berimpel yang kalau kecelup air bisa membahayakan pemakainya. Habis, berat baju mandinya bisa lebih berat dari si pemakai.



Carl Jantzen, cowok Denmark, memulai revolusi baju mandi ini menjadi baju renang. Dibuat dari rajutan wool, baju renang buatan pabriknya di tahun 1913 lebih sederhana dan memudahkan pemakainya bergerak. Tapi tetap saja berlengan dan celananya nutup dengkul.
Baju renang yang terbuat dari 2 bagian, celana dalam dan Bh, dibuat desainer Prancis Louis Reard, tepat saat amrik memulai percobaan bom atom nya di Bikini Atoll, tanggal 5 juli 1946, lima hari setelah bom dijatuhkan, model beken dari Reard memamerkan baju renang barunya dengan nama bikini. Tahun itu pakaian renang lebih ramai ditentang, dicerca, dan dipuji ketimbang bom itu sendiri.

Setrika sudah melicinkan pakaian orang Yunani sejak tahun 4 SM. Awalnya alat pelicin pakaian berupa benda berat untuk menekan pakaian supaya rapi. Bentuknya kayak silinder dan dengan ditekan sambil digelindingkan, pakaian diharapkan rapi jali. Pemakaian panas baru dimulai di abad 15 di Eropa. Yang kaya, memakai kotak besi yang berisi arang. Yang miskin, cukup dengan memasukkan lempengan besi yang dipanaskan.

Tiga abad setelah seterika arang dipakai, barulah orang bisa menggunakan seterika listrik. Tanggal 6 Juni 1882, pencipta alat ini, Henry W. Weely, mematenkan setrika listriknya di Amrik. Setrika listrik awalnya tidaka praktis. Lama untuk memanaskannya dan gampang dingin kalau dilepas kabelnya.



hehehehe sekian did u know kali ini, entar aku postingin lagi info lainnya

0 komentar:

Post a Comment

Thank you very much for visiting my blog :D
Tinggalkanlah jejak dengan memberikan komentar atau sapaan pada penulis ^^