9.27.2009

SEJARAH SI CUPIT

5 comments    
categories: 
hi... ni cerita si cupit, hanya untuk sekedar tau nich, lumayan nambah pengetahuan jadi di baca aja ya....

CUPID PEMEGANG PANAH CINTA

Menjelang valentine, nama Cupid sering banget disebut-sebut. Banyak yang bilang si cupid ini yang paling berperan dalam urusan percintaan manusia. Soalnya, kalau panahnya ga menancap di tempat yang tepat, dua orang gak bakal jadiaan. Selama ini Cupid selalu digambarkan sebagai anak kecil yang memiliki sepasang sayap dengan membawa busur dan anak panah. Anak panah ini yang akan membawa perasaan cinta pada manusia yang terkena panahnya. Makanya, waktu jatuh cinta, kita sering menggambarkan hati yang tertusuk panah. Itu ceritanya panah cupid. Penasaran gak sih sama yang namanya cupid ini? Pengen tau kan si cupid ini sebenarnya siapa? Bener gak sih dia itu dewa cinta? Memang bikin penasaran! tapi ini cuma sekedar cerita, tapi ada sejarahnya, nggak mungkin dongeng muncul gitu aja kan?? hehe


Nama cupid itu dikenal pada mitologi romawi. Dia adalah putera Venus. Kalau menurut mitologi yunani kuno, cupid dikenal dengan nama Eros. Dia adalah puteri dewi Aphoride, dewi cinta dan kecantikan.
Kalau kamu nyangka Cupid itu anak kecil, salah banget. Memang sih sosok cupid paling populer berwujud anak kecil gemuk dan nggemesin. Tapi sebenarnya cupid itu bewujud laki-laki dewasa lho. Memang Cupid pernah beberapa saat berwujud anak kecil.
Waktu itu ibunya, Venus datang menemui Themis. Dia mengeluh mengapa puteranya Cupid, nggak kunjung tumbuh dewasa. Themis menjawab itu karena Cupid kesepian. Dia butuh teman. Dia butuh adik. Nah ga berapa lama, Anteros, adik Cupid, lahir. Benar saja Cupid tumbuh dewasa dengan sangat cepat.
Sebenarnya yang paling terkenal dari Cupid adalah kisah cintanya dengan Psyche, yang bukan keturunan dewa. karena bukan keturunan dewa, Psyche jelas bukan makhluk abadi. Tapi, Pysche cantik banget…. Banyak orang yang mengagumi kecantikannya. Venus, ibu Cupid, merasa cemburu. Maklum diakan dewi kecantikan. Masa, kalah sama manusia biasa yang ga abadi?
Dia minta cupid menghukum Psyche. Tapi, Cupid malah jatuh cinta pada Psyche. Mereka menikah. Tapi karena Pysche manusia biasa, dia gak boleh meliat Cupid. Segalanya baik-baik saja sampai saudara cewe Pysche membujuknya melihat wajah Cupid. Pas si cantik Psyche melihat cupid, dewa cinta itu marah dan meninggalkan Psyche.
Pysche yang sangat mencintai Cupid datang ke kuil Venus untuk minta pertolongan. Karena marah dengan Pysche, Venus memberikan tugas berat. Psyche harus menyampaikan kotak yang berisi kecantikan kepada istri Pluto. Di perjalanan yang sangat berat, Psyche tergoda untuk membukanya. Eh, yang ditemukan bukan kecantikan, melainkan kutukan.
Cupid yang juga sangat menintai Psyche nggak tega dan datang menolongnya. Psyche tidak hanya tertolong, dia malah dimaafkan oleh Venus dan diangkat menjadi Dewi. Cupid dan Psyche akhirnya bersatu and punya anak cewe yang bernama Pleasure. Nggak nyangka ya si pemegang panah cinta malah punya perjalanan cinta yang berliku..

aku sic nggak ngerayain Valentine, tapi ni biar nambahin pengetahuan kita cuy! hehehe

5 comments:

Thank you very much for visiting my blog :D
Tinggalkanlah jejak dengan memberikan komentar atau sapaan pada penulis ^^