About Me

My Photo

Tamiang Layang, Banjarmasin, Bandung
Apoteker Program In UNIVERSITY OF INDONESIA, Faculty of Pharmacy

My Instagram

Farmasi 08

Farmasi 08
Always miss them ....

@yasminebutik

@yasminebutik
Instagram More n More Fashion Bag IDR start from 100-200ribu. chic, stylist n original
Powered by Blogger.

Follow by Email

Translate

Followers

Saturday, 15 August 2009

Antara Obat-obat Penting dan diriku

Bingung nggak waktu baca judul postingan q yang ini? Hehehehe
Setelah sekian lama libur ( kira-kira 3 minggu lebih ), akhirnya aku bertemu lagi dengan buku: ”Obat-Obat Penting, Khasiat, Penggunaan dan efek-efek sampingnya”. Hehehe buku wajib anak farmasi nic biasanya disingkat jadi OP, soalnya tulisannya ringkas, padat dan bahasa tulisannya bahasa orang-orang Farmasi juga. Farmakologinya udah lumayan lengkap mencakup yang penting-penting dan basic buat mahasiswi yang baru kenalan dengan dunia Farmasi satu tahun ini. Tapi biarpun ringkas, ini buku lumayanlah tebalnya. tapi nggak bisa dibandingkan sama buku pegangan lain, kayak Farmakope Indonesia edisi 3 dan 4 and ini kitab cuman dibuka waktu perlunya aja” hohoho soalnya ni kitab teballll banget. Berat!

Parah banget, liburan sedemikian panjang aq cuman maen-maen sama berbisnis, kayak kuliah di Fekon (Fakultas Ekonomi) aja, ga nyambung banget sama Farmasi. Tapi demi nebelin dompet apa boleh buat, bisnis jadi No.1 selama libur. Liburan panjang gini aku nggak bawa satupun buku-buku kefarmasian ataupun buku kesehatan lainnya. Sebenarnya bukan nggak niat bawa tapi ketinggalan di Banjarmasin. Setelah 3 minggu libur, ternyata kangen juga ma OP dan farmaseutika, apalagi Kimia Organik (emang bener??) kangen banget deh waktu kuliah kepala dibikin ruwet, sel-sel kelabu juga mesti kerja keras. Nah… bingung juga tadi waktu jaga toko, Koran udah selesai di baca, komik2 nggak ada pinjam. Dengerin Mp3 udah bosan. Nonton TV apalagi. Trus aq mesti ngapain?? Mau baca OP tapi nggak dibawa… setelah mikir-mikir nyari buku kemana, langsung ingat perpustakaan daerah. Tapi kalau mau pinjam buku mesti jadi member dulu. daripada ribet sel kelabu sebelah kanan ternyata inggat kejadian kemarin, waktu liat kakak tingkat di Farmasi juga. Anis Setiani. Aku pikir diya pasti bawa buku OP. end dugaanq bener. Waktu sms Anis (namanya sama dengan q^-^) mau pinjam tuh buku, langsung dibalas kalau dia ada dirumah and bukunya diambil aja. Langsung aja aq cabut kerumahnya. Rumahnya sic deket banget. Beda blok aja ama rumahku.

Naaah akhirnya ketemu juga ama si OP. materi yang aku baca ngulang belajar antibiotic (sudah pada lupa-lupa ingat ama antibiotic), belajar gimana tingkatan penggunaan antibiotic dan dosis nya juga. Tadi aku lumayan serius belajar (cieee ) terus tadi sebelum nulis blog ini masih sempat baca about Virustatika. And aku baru sadar kalau virus flu babi yang lagi endemic banget di dunia sekarang ternyata udah lama ada. Tapi infeksinya baru bergolak. Padahal flu babi (H1 N1) tingkat kematiannya 0,6 %. Sangat rendah dibanding flu biasa apalagi flu burung (H5 N1). Yang ditakutkan adalah penularannya cukup cepat antar manusia ke manusia apalagi kalau sampai bermutasi atau berkombinasi dengan virus flu lain, takutnya flu ini jadi ganas. Kalau Flu burung tingkat morbiditas rendah dan mortalitas tinggi, kalau flu babi malah sebaliknya. Flu babi sebenarnya tidak apa-apa untuk yang punya daya tahan tubuh baik. Waktu baca Koran kemaren dari 171 kasus flu babi yang diketahui di Indonesia, 3 orang sudah meninggal beda jauh banget sama flu burung, dari 145 kasus yang dilaporkan sudah 119 orang meninggal di Indonesia. (Banjarmasin Post, 15 agustus 2009). Semua virus influenza berbahaya apabila menyerang saat daya tahan tubuh menurun jadi jaga daya tahan tubuh kamu dengan mengkonsumsi vitamin C yang cukup untuk menjaga kondisi system imun kita (jadi kayak iklan, hahaha)

Waktu membaca OP aku jadi ingat Banjarmasin, aktivitasku disana, kampusku dan makhluk-makhluk di dalamnya yang unik, aneh dan bikin aku kangen… untungnya di sela-sela rasa kangen cukup terobati sama aktivitas q disini yang nggak kalah seru. Ini blog juga baru bikin sekarang. Tapi dulu sempat bikin blog juga di plasa.com. tapi payahnya aku lupa password emailq di plasa… heheheh jadinya mesti ke sini dech.

Tapi kenapa blog aku susyah ya di dapatkan oleh mesin pencari?? Ga tau ah. Yang penting ada tempat buat nulis dan curhat sama kamu-kamu para blogger yang rajin nulis (aku malas banget kalau nulis) hohoho

Masih bolot sama kode html. Dulu sic sempat belajar pemprograman pascal waktu ikut olimpiade sains bidang computer tingkat SMA, juga sempat belajar pemprograman power basic. Abis itu niat pengen uliah di TI malah nyemplung ke Farmasi hehehe jadinya ilmu-ilmu dahulu pada menguap kealam bawah sadar sana.
Sekarang aku lagi terserang virus influenza! Adek cowokku juga kena tuc. Jadilah kita kena flu sekaligus batuk. Terus babe juga asam uratnya kambuh. Obat-obat antipirai tidak ada yang ampuh katanya. Aku kasih Piroksicam yang nggangur di kotak obat..eeh ternyata mempan juga. Si babe beli obat sampai kedokter segala lagi. Padahal di dokter cuma dapat obat-obat paten yang mahal-mahal dan juga vitamin kombinasi (lupa nama paten na hehe) padahal dirumah vitamin berjibun (ada Stavit, tapi nggak dipake sama babe), trus babe dikasih fenamin (mefenamat acid 500 mg) padahal dirumah ada asam mefenamat generic dan mefinal juga (obatnya dicuekin lagi”) n ditambah licodexon, padahal dikotak obat dexamethason bejibun.. aku baru ngontrol ternya babe sering berobat ke dokter dan dikasih obatnya itu-itu aja sic tapi hanya patennya diganti. Eeh.. mamaku rematik juga. Dan mama nanya minum apa?. Aku Tanya balik hehehe biasanya mama minum apa? Mama bilang ibuprofen, tapi habis. Aku menawarkan piroksikam, tapi mama bilang efek samping ke lambung (tau juga mami kalau ni obat terlalu kuat analgetik dan antiinflamasinya). Wee jadinya aku cari obat alternative lain. Ada indometacin, diklofenac dan fenilbutazon (aku tau ini pasti obat-obat milik ayah). Aku kasih saja diklofenac dan Alhamdullah sakitnya jauh berkurang kata mama.
Flu q payahnya tidak sembuh-sembuh nic.. padahal sudah minum vitamin C dosis 2-3 gr sehari (biar flunya cepat sembuh), tapi nggak berhasil ditambah batuk berdahak lagi. Ada Gliseril guaicolat di rumah tapi tidak juga berefek. Terpaksa beli obat batuk cair ke apotik dekat rumah (Woods ekspectoran). Efeknya sudah terasa sih,,lumayan ampuh buat aku hehehe

5 comments:

  1. Unik n simple...good untuk blogger pemula..terusin nulisnya Ya

    ReplyDelete
  2. WUiihhh berat juga neh bacaannya, OOP gituu,, hehe. aq dah kul 4 tahun ga hapal2 tu OOP, tapi emang pamungkas tuh buku, hehe.. salam farmasis ya,
    o iya, makasih ya buat link nya di blog ini :)

    Keep Cont.. ^^v

    ReplyDelete
  3. to ka lie:

    hehehe OOP mana bisa dihapal ka...

    thans jua laah dah mampir ke blog q

    ReplyDelete
  4. salam kenal...

    ehm sering update ya..

    ReplyDelete
  5. to manusia hero :

    lam kenal too...
    hehehe ng update coz ne blog lama nggak diutak-atik

    mumpung libur, jadinya s4
    thank udah berkunjung eaa..

    ReplyDelete

Thank you very much for visiting my blog :D
and leave a comment in this blog so can be better in the future ^^

My Blog

My Blog
Fashion, Fotografi, Chocolate, Coffe and Study

Share it

Total Pageviews

Antara Obat-obat Penting dan diriku

Bingung nggak waktu baca judul postingan q yang ini? Hehehehe
Setelah sekian lama libur ( kira-kira 3 minggu lebih ), akhirnya aku bertemu lagi dengan buku: ”Obat-Obat Penting, Khasiat, Penggunaan dan efek-efek sampingnya”. Hehehe buku wajib anak farmasi nic biasanya disingkat jadi OP, soalnya tulisannya ringkas, padat dan bahasa tulisannya bahasa orang-orang Farmasi juga. Farmakologinya udah lumayan lengkap mencakup yang penting-penting dan basic buat mahasiswi yang baru kenalan dengan dunia Farmasi satu tahun ini. Tapi biarpun ringkas, ini buku lumayanlah tebalnya. tapi nggak bisa dibandingkan sama buku pegangan lain, kayak Farmakope Indonesia edisi 3 dan 4 and ini kitab cuman dibuka waktu perlunya aja” hohoho soalnya ni kitab teballll banget. Berat!

Parah banget, liburan sedemikian panjang aq cuman maen-maen sama berbisnis, kayak kuliah di Fekon (Fakultas Ekonomi) aja, ga nyambung banget sama Farmasi. Tapi demi nebelin dompet apa boleh buat, bisnis jadi No.1 selama libur. Liburan panjang gini aku nggak bawa satupun buku-buku kefarmasian ataupun buku kesehatan lainnya. Sebenarnya bukan nggak niat bawa tapi ketinggalan di Banjarmasin. Setelah 3 minggu libur, ternyata kangen juga ma OP dan farmaseutika, apalagi Kimia Organik (emang bener??) kangen banget deh waktu kuliah kepala dibikin ruwet, sel-sel kelabu juga mesti kerja keras. Nah… bingung juga tadi waktu jaga toko, Koran udah selesai di baca, komik2 nggak ada pinjam. Dengerin Mp3 udah bosan. Nonton TV apalagi. Trus aq mesti ngapain?? Mau baca OP tapi nggak dibawa… setelah mikir-mikir nyari buku kemana, langsung ingat perpustakaan daerah. Tapi kalau mau pinjam buku mesti jadi member dulu. daripada ribet sel kelabu sebelah kanan ternyata inggat kejadian kemarin, waktu liat kakak tingkat di Farmasi juga. Anis Setiani. Aku pikir diya pasti bawa buku OP. end dugaanq bener. Waktu sms Anis (namanya sama dengan q^-^) mau pinjam tuh buku, langsung dibalas kalau dia ada dirumah and bukunya diambil aja. Langsung aja aq cabut kerumahnya. Rumahnya sic deket banget. Beda blok aja ama rumahku.

Naaah akhirnya ketemu juga ama si OP. materi yang aku baca ngulang belajar antibiotic (sudah pada lupa-lupa ingat ama antibiotic), belajar gimana tingkatan penggunaan antibiotic dan dosis nya juga. Tadi aku lumayan serius belajar (cieee ) terus tadi sebelum nulis blog ini masih sempat baca about Virustatika. And aku baru sadar kalau virus flu babi yang lagi endemic banget di dunia sekarang ternyata udah lama ada. Tapi infeksinya baru bergolak. Padahal flu babi (H1 N1) tingkat kematiannya 0,6 %. Sangat rendah dibanding flu biasa apalagi flu burung (H5 N1). Yang ditakutkan adalah penularannya cukup cepat antar manusia ke manusia apalagi kalau sampai bermutasi atau berkombinasi dengan virus flu lain, takutnya flu ini jadi ganas. Kalau Flu burung tingkat morbiditas rendah dan mortalitas tinggi, kalau flu babi malah sebaliknya. Flu babi sebenarnya tidak apa-apa untuk yang punya daya tahan tubuh baik. Waktu baca Koran kemaren dari 171 kasus flu babi yang diketahui di Indonesia, 3 orang sudah meninggal beda jauh banget sama flu burung, dari 145 kasus yang dilaporkan sudah 119 orang meninggal di Indonesia. (Banjarmasin Post, 15 agustus 2009). Semua virus influenza berbahaya apabila menyerang saat daya tahan tubuh menurun jadi jaga daya tahan tubuh kamu dengan mengkonsumsi vitamin C yang cukup untuk menjaga kondisi system imun kita (jadi kayak iklan, hahaha)

Waktu membaca OP aku jadi ingat Banjarmasin, aktivitasku disana, kampusku dan makhluk-makhluk di dalamnya yang unik, aneh dan bikin aku kangen… untungnya di sela-sela rasa kangen cukup terobati sama aktivitas q disini yang nggak kalah seru. Ini blog juga baru bikin sekarang. Tapi dulu sempat bikin blog juga di plasa.com. tapi payahnya aku lupa password emailq di plasa… heheheh jadinya mesti ke sini dech.

Tapi kenapa blog aku susyah ya di dapatkan oleh mesin pencari?? Ga tau ah. Yang penting ada tempat buat nulis dan curhat sama kamu-kamu para blogger yang rajin nulis (aku malas banget kalau nulis) hohoho

Masih bolot sama kode html. Dulu sic sempat belajar pemprograman pascal waktu ikut olimpiade sains bidang computer tingkat SMA, juga sempat belajar pemprograman power basic. Abis itu niat pengen uliah di TI malah nyemplung ke Farmasi hehehe jadinya ilmu-ilmu dahulu pada menguap kealam bawah sadar sana.
Sekarang aku lagi terserang virus influenza! Adek cowokku juga kena tuc. Jadilah kita kena flu sekaligus batuk. Terus babe juga asam uratnya kambuh. Obat-obat antipirai tidak ada yang ampuh katanya. Aku kasih Piroksicam yang nggangur di kotak obat..eeh ternyata mempan juga. Si babe beli obat sampai kedokter segala lagi. Padahal di dokter cuma dapat obat-obat paten yang mahal-mahal dan juga vitamin kombinasi (lupa nama paten na hehe) padahal dirumah vitamin berjibun (ada Stavit, tapi nggak dipake sama babe), trus babe dikasih fenamin (mefenamat acid 500 mg) padahal dirumah ada asam mefenamat generic dan mefinal juga (obatnya dicuekin lagi”) n ditambah licodexon, padahal dikotak obat dexamethason bejibun.. aku baru ngontrol ternya babe sering berobat ke dokter dan dikasih obatnya itu-itu aja sic tapi hanya patennya diganti. Eeh.. mamaku rematik juga. Dan mama nanya minum apa?. Aku Tanya balik hehehe biasanya mama minum apa? Mama bilang ibuprofen, tapi habis. Aku menawarkan piroksikam, tapi mama bilang efek samping ke lambung (tau juga mami kalau ni obat terlalu kuat analgetik dan antiinflamasinya). Wee jadinya aku cari obat alternative lain. Ada indometacin, diklofenac dan fenilbutazon (aku tau ini pasti obat-obat milik ayah). Aku kasih saja diklofenac dan Alhamdullah sakitnya jauh berkurang kata mama.
Flu q payahnya tidak sembuh-sembuh nic.. padahal sudah minum vitamin C dosis 2-3 gr sehari (biar flunya cepat sembuh), tapi nggak berhasil ditambah batuk berdahak lagi. Ada Gliseril guaicolat di rumah tapi tidak juga berefek. Terpaksa beli obat batuk cair ke apotik dekat rumah (Woods ekspectoran). Efeknya sudah terasa sih,,lumayan ampuh buat aku hehehe