TAHAPAN PROSES FOTOSINTESIS

TAHAPAN PROSES FOTOSINTESIS


a. Penangkapan Energi Cahaya (Fotosistem)

Fotosistem merupakan tahap pertama dari proses fotosintesis. Ketika klorofil menyerap energi foton dari cahaya, elektron pada klorofil akan terlepas ke orbit luar (tereksitasi). Elektron ini akan ditangkap oleh penerima elektron yaitu plastokuinon. Jadi unit penangkapan elektron inilah yang disebut dengan fotosistem.

Ketika elektron ditangkap oleh plastokuinon, akibatnya jumlah elektron di dalam klorofil menjadi tidak stabil. Untuk itu klorofil harus disuplai elektron dari molekul lain. Dalam waktu yang bersamaan H2O terpecah menjadi 2H+, OH- dan elektron (fotolisis). Elektron dari air inilah yang dipakai untuk menstabilkan klorofil.

Jadi secara sederhana, Unit yang mampu untuk menangkap energi cahaya matahari, yaitu klorofil yang melepaskan elektron dan menyerap foton (energi cahya dengan panjang gelombang yang sesuai), disebut dengan fotosistem.


Dikenal ada 2 macam fotosistem di dalam tilakoid, yaitu fotosistem I dan fotosistem II.

1. Fotosistem I

Di dalam fotosistem I, terdapat molekul klorofil yang berada pada pusat reaksi dari fotosistem I dinamakan P700. Di sebut demikian karena sangat baik menyerap energi cahaya dengan panjang gelombang 700nanometer.

2. Fotosistem II

Di dalam fotosistem II, terdapat molekul klorofil yang berada pada pusat reaksi fotosistem II dan dinamakan P680, karena sangat baik menyerap energi cahaya dengan panjang gelombang 680 nanometer.

Proses penyerapan cahaya yang selanjutnya berdampak pada lepasnya elektron dari klorofil, untuk selanjutnya di salurkan dan ditangkap oleh akseptor elektron. Proses ini merupakan awal dari proses fotosintesis. Berdasarkan aliran elektron, fotosistem I bersifat siklis dan fotosistem II bersifat nonsiklis. Untuk jelasnya semua ini akan diuraikan pada tahap selanjutnya yaitu Aliran atau siklus elektron.

Ketika terjadinya proses fotosistem atau penyerapan energi cahaya, klorofil yang dapat diserap adalah klorofil a (P700), yaitu klorofil yang mampu menyerap terutama cahaya merah dan biru-ungu. Klorofil a berperan langsung dalam fotosintesis (reaksi terang). Energi cahaya sampai ke klorofil a melalui mekanisme berikut :

CARA KERJA FOTOSENTER ( KLOROFIL DAN MOLEKUL PIGMEN LAINNYA YANG TERDAPAT PADA MEMBRAN TILAKOID)
Energi Foton



e-


Molekul Pigmen
Klorofil P700




PENJELASAN :

Pada saat energi cahaya sampai di molekul pigmen di fotosenter, molekul ini melewatkan energi ke molekul tetangga di dalam fotosenter. Energi cahaya diteruskan dari satu molekul pigmen ke pigmen berikutnya sehingga mencapai molekul klorofil a (P700) yang berperan dalam fotosintesis.

Comments

  1. gk ad skema nya y ?

    ReplyDelete
  2. ada dek, tapi ga kbaca di blog ini :( sedih juga jadi ga lengkap

    postingan lama waktu k2 masih SMA heehe

    ReplyDelete
  3. skemany tepat di atas penjelasan ny :(

    ReplyDelete
  4. ni'mah aljufrie6 March 2011 at 08:38

    munculin gsmbsr proses fotosintesisnya dunk biar lbh paham yg baca,,:)

    syukron.

    ReplyDelete
  5. ka Anis Nur Yasmine mksi yaah.. jadi ngerti dh..

    ReplyDelete
  6. iya, walupun artikel ini sangat simpleya. gambar nya nanti dtambah deh

    ReplyDelete
  7. minta penjelasan yang ini..


    CARA KERJA FOTOSENTER ( KLOROFIL DAN MOLEKUL PIGMEN LAINNYA YANG TERDAPAT PADA MEMBRAN TILAKOID)
    Energi Foton



    e-


    Molekul Pigmen
    Klorofil P700


    .. ama minta skemanya juga

    ReplyDelete
  8. weka: skema nya gak bisa masuk di bloh entah kenapa, and aq juga udah kehilangan fotonya soalnya ini file udah 4 tahun yg lalu hehehe

    penjelasan : mksudnya adlh pnjelasan gambar yg gak muncul itu

    ReplyDelete

Post a Comment

Thank you very much for visiting my blog :D
Tinggalkanlah jejak dengan memberikan komentar atau sapaan pada penulis ^^