9.29.2009

Setting Internet Telkomsel, Im3 dan XL Untuk Mode Dial up Internet

7 comments    
categories: 
Hai guy, aku sering banget nich ditanya sama teman-teman gimana sih caranya ponsel bisa dijadiin modem biar bisa internetan di laptop atau computer? Aq suruh aja nyari artikelnya sama mbah google. Tapi kata mereka settingannya kurang lengkap dan nggak terstruktur, jadinya malah bingung hehehe jadi untuk memberi informasi yang lebih ringkas, hari ini aku postingin tulisan gimana bikin setting internet dial-up dengan modal laptop dan ponsel yang sudah mendukung gprs sebagai modemnya. Buat teman-teman yang pemula di dunia teknologi informasi (kaya aq hehehe), moga aja nic tulisan bermanfat dan semuanya bisa dapetin koneksi internet dimanapun yang udah ada listrik dan sinyal gprs yang kuat biar koneksinya nggak putus-putus…hehehehe ngawur.


So, yang perlu disiapin adalah :
1. Computer Dekstop/ Notebook/ Netbook/ PC/ Laptop yang pastinya semua dalam kondisi yang oke dan menggunakan system OS Window (udah teruji banget sama aq di Window Xp dan Vista). Biar nggak ribet belakangan, install dulu aplikasi buat internetan, kayak mozilla, opera atau yang lainnya. Tapi biasanya computer kita udah punya yang standar yaitu si internet explorer. Jadi kalau nggak punya yang lain pakai yang ada aja deh.
2. Ponsel/ Handphone/ Mobile phone yang udah ada gprsnya, dan pastikan gprs nya aktif, pulsanya banyak hehehe dan dalam kondisi yang prima juga. Pastikan juga si Hp punya koneksi yang bisa digunakan buat nyambungin dirinya ke PC, kayak kabel data dan Bluetooth. Note: aktifin gprs hp kamu, Tanya operator kartu kamu aja eac.
Siapkan kabel data atau Bluetooth yang akan digunakan, lalu install lah aplikasi bawaan si ponsel, contohnya bila pakai nokia, installah nokia PC suite nya ke PC/ Laptop yang kita gunakan. Saat menginstal pastikan si ponsel terhubung ke PC pake Bluetooth/ kabel data.


Setelah semua siap, saatnya kita menyetingnya.
1. Cek apakah si ponsel sudah terhubung dengan PC, dengan cara:

Pada icon My Computer di desktop klik kanan> Properties> Hardware> Device Manager. Perhatikan di daftar hardware yang muncul ada tulisan Modem, bila ada klik modem, dan lihat apakan ponsel kita sudah terdaftar disana. Bila ada berarti install modem sukses. Bila tidak ada tulisan Modem, silakan install lagi ea…(Jangan bilang kamu nggak bisa nginstal hehehe), setelah itu kamu perlu memasukkan code data. Klik kanan nama modem kamu>properties>advance lalu isikan pada kotak Extra initialization commands format ketikkan:

at+cgdcont=1,”IP”,“internet” untuk pengguna telkomsel,
at+cgdcont=1,“IP”,“http://www.indosat-m3.net/” untuk pengguna Im3
at+cgdcont=1,”IP”,”http://www.xlgprs.net/” untuk pengguna XL.

2. Setelah modem terdeteksi dan langkah diatas beres, kita akan membuat settingan manualnya, check it out:

Clik My Computer> Control Panel> Network Connections> Create a new connection pada tab Network Task> klik Next pada saat muncul kotak dialog Welcome to the connection wizard> klik pada kalimat Connect to the internet dan next> klik pada Set up my connection manually dan next > Klik pada Connect using dial up modem dan next> isilah ISP name dangan nama operator yang kamu pake, atau apa saja, misalnya “telkomsel aniz”, next> isilah phone number dengan *99***1#(semua operator sama), next>


Untuk kotak User name (Us), Password (Pw) berikut daftar untuk operatornya

Telkomsel Durasi
User name : kosongkan
Password : kosongkan

Telkomsel Data
Us: wap
Pw: wap123

Im3 Data
Us: gprs
Pw: im3

Im3 Durasi
Us: indosat@durasi
Pw: indosat@durasi

Xl data
Us: xlgprs
Pw: proxl

Nag setelah di isi, centang aja semua di tulisan dibawah kotak dialog, lalu next> muncul tulisan Complete the new connection wizard> centang pada add a shortcut biar koneksi ini muncul di desktop> finish.

Udah selesai nic, jadi di desktop klik aja icon koneksi yang baru kita buat tadi, langsung di dial aja dan met berinternet seru… tapi lupa satu hal, koneksi ini super lamban, jadi mesti sabar aja, kalau sekedar cari-cari info dihalaman web sic masih bisa dipakai kalau kepepet, tapi untuk download data yang besar, mending jangan yaa.

7 comments:

  1. trim tas informasinya...........
    salam tuk keluarga dirumah

    ReplyDelete
  2. salam kenal kalo boleh nanyak tarifnya apa mahal mbak kira2 untuk 1 jamnya biayanya nyampai berapa tuk brosing aja?

    kalo sempat mampir di fs dewiicha@ymail.com
    tak tunggu komennya. and trimakasih banyak

    ReplyDelete
  3. yupzz moga be manfaat yaach info naa buat dewiicha untuk tarif telkomsel durasi yg perjam ad paket trsndiri dr oprtor n bila u skedar brownsing aja pake yg model data/dg paket data cukup murah.bli paket tlkmsel flash 10ribu yg dpt 35 MB. Cranya FC ON 10000 krim ke 3636. bgtu jga yg lain ny.. xl jga ad trif murah ny di *500# n m3 1rp per kb na

    ReplyDelete
  4. ya...makasih mmbak..... atas sarannya....
    ni bisa buat perbandingan tuk pakai kertu yang lebih murah...heee..

    trims buangett.........

    ReplyDelete
  5. yuppzz.... kalau mau paket data telkomsel as yang paling murah....


    bila im3 / indosat kalau pake durasi Rp. 6000 perjamnya...

    ReplyDelete
  6. mbak anis yang imut,aq mau tanya?,aq punya hp w800i apa itu bs buat modem tuk leptop...
    (widi_irawan@yahoo.com)
    sebelumnya makasih.

    ReplyDelete
  7. mbak anis, aq mau tanyak, aq punya hp SE w800i. apa bisa buat modem to leptop.
    salam kenal dari saya widi_irawan@yahoo.com
    and trims sebelumnya

    ReplyDelete

Thank you very much for visiting my blog :D
Tinggalkanlah jejak dengan memberikan komentar atau sapaan pada penulis ^^