Analisa SWOT apotek


Wew sudah lama banget aku nggak ng blog… rasanya blog aku udah mau tamat hehehe
Tidak ada inspirasi buat nulis nich,,bawaannya sibuk n nggak ada waktu (hanya alasan payah)
Minggu-minggu ini disibukkan dengan tugas yang menumpuk, mulai dari presentasi power point Pendekatan Forecasting sampai makalah Manajemen Pengadaan Farmasi Akutansi apalgi laporan-laporan praktikum juga jurnal resep.
Minggu ini mau sharing pengetahuan tentang analisa SWOT dalam manajemen Farmasi aja kali ya… well sebelum masuk lebih dalam, aku cerita lagi.
Awalnya sama sekali tidak tahu pembelajaran Manajemen. Tapi setelah mendapat mata kuliah manajemen farmasi akutansi sudah mulai faham istilah-istilah ekonomi, kaya Break Even Point, Forecasting, produk Fast Moving sampai ke analisa SWOT. Dulu waktu SMP sempat belajar tata buku atau jasa pembukuan jadi bisa nyambung sama debet dan kredit atau pendapatan dan pengeluaran. Untuk lebih gampang dan nyambung dengan bidang ku, analisis SWOT kali ini di buat dari survey apotek.
Analisa SWOT
SWOT adalah singkatan dari bahasa Inggris STRENGTHS (Kekuatan), WEAKNESSES (Kelemahan), OPPORTUNITIES (Peluang) dan THREATS (Ancaman). Analisa SWOT berguna untuk menganalisa faktor-faktor di dalam organisasi ataupun perusahaan (contohnya apotek) yang memberikan andil terhadap kualitas pelayanan atau salah satu komponennya sambil mempertimbangkan faktor-faktor eksternal.
Analsis SWOT dapat dibagikan dalam lima langkah:
1. Menyiapkan sesi SWOT.
2. Mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan.
3. Mengidentifikasi kesempatan dan ancaman.
4. Melakukan ranking terhadap kekuatan dan kelemahan.
5. Menganalisis kekuatan dan kelemahan.

Manfaat Analisa SWOT
Meningkatkan pengetahuan dan pemahaman manajemen apotek
Berikut ini dijelaskan tambahan hal-hal yg biasanya menjadi:
· Kekuatan:
  1. Knowledge atau keahlian yg dimiliki terutama Apoteker dan AA yang langsung melayani pasien.
  2. Produk baru atau pelayanan yg unik
  3. Lokasi tempat apotek berada
  4. Kualitas produk atau proses pelayanan kefarmasian
· Kelemahan:
  1. Kurangnya pengetahuan marketing
  2. Produk yg tidak dapat dibedakan dgn produk kompetitor
  3. Lokasi perusahaan yg terpencil
  4. Kualitas produk yg jelek
  5. Reputasi yg buruk
· Peluang:
  1. Pasar yg berkembang
  2. Penggabungan 2-3 perusahaan atau aliansi
  3. Segmen pasar yg baru
  4. Pasar internasional
  5. Pasar yg luang karena pesaing yg tidak sanggup memenuhi permintaan pelanggan
· Ancaman:
  1. Kompetitor baru di area yg sama
  2. Persaingan harga dgn kompetitor
  3. Kompetitor mengeluarkan produk baru yg inovatif
  4. Kompetitor memegang pangsa pasar terbesar
  5. Diperkenalkannya pajak penjualan
Perhatian:
  1. SWOT analysis sangat-sangat subjective. Bisa saja terjadi 2 orang menganalisa 1 perusahaan yg sama menghasilkan SWOT yg berbeda. Dgn demikian, hasil analisa SWOT hanya boleh digunakan sbg arahan dan bukan pemecahan masalah.
  2. Pembuat analisa harus sangat-sangat realistis dalam menjabarkan kekuatan dan kelemahan internal. Kelemahan yg disembunyikan atau kekuatan yg tidak terjabarkan akan membuat arahan strategi menjadi tidak bisa digunakan
  3. Analisa harus didasarkan atas kondisi yg sedang terjadi dan bukan situasi yg seharusnya terjadi
  4. Hindari ”grey areas”. Utk memudahkan membedakan antara kekuatan dan kelemahan, selalu hubungkan situasi yg dihadapi dgn persaingan yg sedang berjalan. Apakah perusahaan Anda lebih baik dari kompetitor atau tidak?
  5. Hindari kerumitan yg tidak perlu dan analisa yg berlebihan. Buatlah analisa SWOT sesingkat dan sesederhana mungkin. (ini q kutip dari meidii blog)
Ini aku lampirkan contoh pertanyaan wawancara untuk dasar-dasar analisa SWOT juga manjemennya pada apotek tempat dilakukannya penelitian :
Pertanyaan wawancara analisa SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threaths)
di Apotek Matahari, Jl. S. Parman, RT 25, Komplek Rumah Sakit Islam Banjarmasin.
Narasumber :
Jabatan :
Pertanyaan
Sejarah pendirian apotek atau latar belakang :
Didirikan tahun :
Hak kepemilikan tanah dan bangunan :
Luas bangunan :
Denah lokasi (digambarkan)
Praktek Dokter :
VISI DAN MISI APOTEK
VISI :
MISI :
Strategi Apotek
Strategi dari apotek adalah :
a. Menjamin bahwa seluruh proses terapi obat yang diberikan merupakan
terapi obat yang tepat, efektif, nyaman dan aman bagi pasien. ( Ya / Tidak)
b. Mengatasi masalah baru yang timbul dalam terapi obat dan mencegah
timbulnya masalah lain di masa yang akan datang, (Ya/ Tidak)
c. Memberikan pelayanan kepada pasien atau masyarakat yang ingin
melakukan pegobatan mandiri, (Ya/Tidak)
d. Melakukan efisiensi biaya kesehatan masyarakat, (Ya/Tidak)
e. Memberikan informasi dan konsultasi obat, (Ya/ Tidak)
f. Melakukan monitoring obat dan evaluasi penggunaan obat, (Ya / Tidak)
g. Merancang SOP (standart operating procedure) dan standar organisasi kerja, (Ya / Tidak)
h. Memberlakukan sistam reward dan punishment bagi seluruh karyawan. (Ya/Tidak)
g. Dan lain-lain
Tujuan Pendirian Apotek
1. sebagai tempat pengabdian profesi apoteker. (Ya / Tidak)
2. melayani kebutuhan obat, bahan obat, alat kesehatan serta perbekalan farmasi
lainnya sesuai dengan kebutuhan masyrakat dengan berorientasi kepada
kepentingan dan kepuasan pasien sebagai implementasi kompetensi profesi
farmasis. (Ya / Tidak)
3. memberikan dan menyediakan informasi, edukasi dan konsultasi kesehatan
kepada masyarakat sehingga dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat
tentang kesehatan, khususnya obat dan cara pengobatan yang tepat. (Ya / Tidak)
4. Dan lain-lain
ANALISA SWOT
A. Kekuatan/Strength
B. Kelemahan/Weakness
C. Peluang/Opportunity
D. Ancaman/Threaths
Pengelolaan Sumber Daya Manusia
- Apoteker Pengelola Apotek :
- Apoteker Pendamping :
- Asisten Apoteker :
- Pembantu Umum :
- Akuntan :
Jam kerja :
Volume pekerjaan
Jumlah pasien setiap hari (kira-kira / rata-rata) :
Setiap pasien membutuhkan waktu (kira-kira) :
Jumlah Resep yang dilayani (kira-kira) :
Standar Operating Procedure (SOP)
  1. SOP Pelayanan OTC
  2. SOP Pelayanan OWA
  3. SOP Pelayanan Resep
  4. SOP Penerimaan dan Penyimpanan Barang
Alat dan Perbekalan Farmasi yang Diperlukan
Bangunan :
- Tanah dan bangunan : milik sendiri /…………….
- Luas bangunan :
Perlengkapan :
Alat pembuatan, pengolahan, dan peracikan (ada / tidak)
- gelas ukur
- labu erlenmeyer
- beker glass
- literan plastik 1 dan 2 liter
- corong
- timbangan dan anak timbangan (g/mg)
- termometer
- mortir dan stamper
- spatel logam/tanduk plastik atau porselen
- batang pengaduk
- penangas air
- kompor atau alat pemanas yang sesuai
- panci
- rak tempat pengeringan alat
Alat Perbekalan farmasi (ada / tidak)
Botol berbagai ukuran
Pot plastik berbagai ukuran
Lemari pendingin
Lemari dan rak untuk penyimpanan obat
Lemari untuk penyimpangan racun, narkotika, psikotropika dan
bahan obat yang berbahaya lainnya.
Wadah Pembungkus dan pengemas :
- etiket
- kertas puyer
- streples
- wadah pengemas, dan membungkus untuk penyerahan obat
(tas plastik)
Alat Administrasi ( ada / tidak )
- Komputer (penggunaan computer sbg tempat transaksi tolong dirinci yaa)
- blanko pesanan obat
- blanko kartu stock obat
- blanko salinan resep
- blanko faktur dan blanko nota penjualan
- buku defecta
- buku ED
- buku Farmakope
- buku ISO atau MIMS
- buku pembelian
- buku penerimaan
- buku pembukuan keuangan
- buku pencatatan narkotik
- buku pesanan obat narkotik
- buku laporan obat narkotik
- buku pencatan penyerahan resep
- buku resep jika dokter akan beli obat
- kwitansi
- alat-alat tulis dan kertas
Perlengkapan Lainnya
- Alat pemadam kebakaran
-
-
Perbekalan farmasi yang diperlukan
- Obat Keras (Obat dengan resep dan OWA) (ada / tidak)
- Obat Bebas (OTC) dan bebas terbatas (ada / Tidak)
- Alat kesehatan : master, perban, termometer, sarung tangan,
perban, alkes steril, perbekalan rumah sakit. (ada / tidak)
- Bahan baku (ada / tidak)
- Perlengakapan bayi (ada / tidak)
Struktur Organisasi
(digambarin aja)
Aspek Modal dan Biaya
1. MODAL
1) Perlengkapan Apotek (Tetap)
Nama Barang : (tolong di data ya teman2)
Penghasilan Apotek
Modal awal :
Omzet perbulan:
Keuntungan bersih:

Comments

  1. Tulisan Jadul,,, gak nyangka punya tulisan ini di blog sendiri, saat mau googling swot analisa apotek yang muncul di pencarian pertama adalah tulisan Ini,,, yeay
    padahal ini kan materi waktu di D3 dulu dan repeat again di APOTEKER,,,its cool

    ReplyDelete
  2. luar biasa bermanfaat, terima kasih banyak sharingnya 😊

    ReplyDelete

Post a Comment

Thank you very much for visiting my blog :D
Tinggalkanlah jejak dengan memberikan komentar atau sapaan pada penulis ^^