About Me

My Photo

Tamiang Layang, Banjarmasin, Bandung
Apoteker Program In UNIVERSITY OF INDONESIA, Faculty of Pharmacy

My Instagram

Farmasi 08

Farmasi 08
Always miss them ....

@yasminebutik

@yasminebutik
Instagram More n More Fashion Bag IDR start from 100-200ribu. chic, stylist n original
Powered by Blogger.

Follow by Email

Translate

Followers

Friday, 21 January 2011

Wisata Kuliner Banjarmasin Murah dan Enak


Haii…. Kali ini aku mau postingin tentang makanan-makanan enak di Banjarmasin yang rasanya sudah teruji di lidah saya dan sohib-sohib q yang memang saat weekend berburu makanan enak. Kali ini makanan akan saya kategorikan sesuai tipe, berkuah-kuah dan keringan.
Kita mulai dari makanan berkuah dulu hehehe

1.      1. SOTO BANJAR
Waah yang ini terkenal banget, soto banjar dari namanya aja udah nunjukin asalnya. Soto khas Kalimantan Selatan ini emang maknyuuuuus sekali, apalagi buat sarapan dan makan malam saat cuaca dingin, langsung anget dah hehehe
Soto Banjar, ayamnya wajib ayam kampong, karena rasanya lebih gurih dan manis.
Tapi hati-hati sob, ga semua soto banjar itu enak??? Naah maksudnya tergantung sama yang bikin :D, tempat yang enak dan wajib coba adalah :

a.       SOTO BANG AMAT
Ini tempatnya terkenal banget friends, Letaknya di Banua Anyar bawah jembatan, hati-hati ya,, jangan ketipu sama SOTO BAWAH JEMBATAN. Lokasi SOTO BANG AMAT, tempatnya masuk jalan lebih dalam lagi melewati SOTO BAWAH JEMBATAN. Sebenarnya rasa kurang lebih sama, tapi BANG AMAT lebih gurih dan kuahnya juga lebih kental, porsinya banyak harganya pas.
Harga: Rp. 13.000/ porsi biasa dan Rp. 20.000/ porsi special
Bedanya sih lauknya aja lebih banyak :D (aku porsi biasa aja udah full kenyangnya)


Oh ya kalau kamu-kamu yang ga tau bedanya soto banjar sama sop banjar, sebenarnya kuahnya dan racikannya sama aja, tapi kalau SOTO, Kamu makannya pake lontong dipotong kecil-kecil, kalau SOP, pake Nasi? Naah bingung? Pokoknya beda ma Soto Lamongan yang makannya pake nasi? Tambah bingung? Hehehe



Note: Kalau mau makan soto/sop banjar yang lebih yahud di sini, jangan lupa pesan juga sate ayamnya dengan bumbu khas banjar (Bumbu Kacang+cabe merah kering, diblender, rasanya ajib, enak deh). Nggak semua yang ada sate ayamnya looh.

b.      SOTO Babat Mak Enggot
Ini pas banget ma kantong mahasiswa, kalau lagi lapar biasanya porsinya rada kurang (Komentar teman aq) tapi rasanya juga enak, tapi kalau buat aku pas-pas aja :D
Disini selain lauk sotonya ayam suwir, juga ada babat, lebih variatif laah. Letaknya di Kampung Melayu, dipinggir jalan. Kalau gak tau Tanya tukang ojek, tempatnya lumayan terkenal nih.
Harga : Rp 10.000 saja plus Es Teh manis

Note: Disini juga ada sate ayamnya, tapi kalau datangnya malam, pasti satenya sudah habis :D

c.       SOTO H. Anang Ayam Bapukah
Apa bedanya sama soto banjar yang lain? Kalau soto banjar terkenal dengan ayam kampong suwirnya, kalau di Ayam Bapukah, maka akan ada potongan ayam yang ga beraturan. Pokoknya ayamnya di pukah (Dipatahkan dengan tangan saja). Cara masaknya sih seekor Ayam+bumbu2 direbus sampai lunak, lalu dipatahkan pake tangan. SOTO Ayam Bapukah ini adanya saat sore-malam aja. Tersebar di berbagai sudut kota dengan warung2 tenda pinggir jalan. Lokasi yang paling mudah ditemui adalah depan Duta Mall Banjarmasin dan Seberang RS Sari Mulya Banjarmasin (Jl. Pangeran Antasari). Untuk rasa, menurut aku standar, kuahnya kurang kental, tapi ayamnya banyak hehehe

Harga : Rp. 14.000

d.      SOTO KUIN Depan Kampus aq
Hahaha yang ini rasanya standar, tapi kalau lagi pengen soto malas nyari jauh-jauh yaa disini aja makannya, udah cukup enak, harganya? Just Rp. 6.000. tapi sebenarnya SOTO KUIN terkenal enak, adanya di daerah Kuin Banjarmasin. Saat kita mau ke Pasar Terapung biasanya melewati daerah KUIN. Rasa sotonya enak kalau yang diKUIN, Naah SOTO KUIN yang enak itu gampangnya ada di pasar terapung, kalian bisa makannya di atas kelotok, wiii sensasinya ajib, makan soto di klotok, jadinya goyang-goyang tapi uenak banget. Harga: Rp. 10.000 plus Es Teh Manis.


2.    2.  LONTONG
Lontong Kal-Sel beda banget ma Lontong Jawa. Lontongnya berbentuk segitiga yang dibungkus pake daun pisang. Kuahnya adalah santan berwarna kuning plus ikan gabus/ ayam/ telur yang dimasak habang (bumbu merah khas, hanya ada di Kalsel-Teng). Rasanya ajib, ikan gabusnya adalah Haruan yang sebelumnya digoreng, rasanya krispy maknyuuss. Lontong yang paling beken di Banjarmasin adalah : Lontong ORARI di Jl. Pahlawan/ Kampung Melayu
Harga: Rp 15.000an

Note: bila ga kuat makan-makanan gurih bersantan, pesan lontongnya porsi setengah aja yaa, udah cukup dijamin :D, jangan lupa pake sambal plus kecap manis juga enak :D

3.      3. KETUPAT KANDANGAN
Naah ini BEDA sama lontong, ketupat kandangan bentuk ketupatnya sama dengan ketupat lebaran, tapi bedanya adalah komposisi ketupatnya tidak padat, tetapi kasar dan masih terlihat bentuk butiran nasinya. Kuahnya santan gurih berwarna putih dengan lauk khas Ikan Haruan lagi hehehe, Haruan yang digoreng dan dibumbui. Kalau orang Banjar makannya pakai tangan, kalau saya karena tidak 100% Kalsel (campuran Kalimantan Tengah) jadi makannya tetap pakai sendok :D. Khasnya Ketupat kandangan biasanya ada jeroan ikan yang disate atau ditumis. Makannya plus sambal terasi pedas. Gurih manis Pedas , krispi lagi daging ikannya… Pak Bondan aj suka hehehe Maknyoos. Yang enak ada di KANDANGAN tentunya, kalau di Banjarmasin ada di RUMAH MAKAN PONDOK BAHARI, dekat siring sungai Martapura. Tanya aja deh tempat makannya lumayan terkenal. Arsitektur tempatnya rumah khas banjar, disini juga bisa nemu menu khas banjar lainnya. Tapi rasanya standar banget.


Harga: Rp 14.000an

4.       4. HAMPAP/ HARUAN KERING BATANAK
Hampap adalah ikan Haruan/ Tauman (sama dari jenis Gabus) yang dijemur setengah kering dan dimasak dengan bumbu bawang cabe dan kuah santan berkunyit. Rasanya asli enak coz gurih, asin tipis dan ada sensasi pedas dikit. Enak pokoknya. Yang enak ada di RM Rahmat di Km 3,5. 


Harganya : Rp. 15.000an
note: Pak Bondan dan Alexa wktu ke BJM sempat nyoba dan doyan banget :D

5.      5. Gangan-gangan (Sayur berkuah) Khas Kalimantan Selatan
Gangan2 ini pastinya tersedia di setiap RM khas Banjar, seperti DEPOT SARI PATIN dan RM IDAH di Jl. S. Parman seberang RS ISLAM atau RM CENDRAWASIH di Pangeran Samudera/ Kertak Baru.
Note: RM Cendrawasih Mahal dan rasanya biasa aja.

a.       Gangan Balamak
Rasanya gurih banget, karena pake santan kental… sayurnya ada blewah (waluh), kacang panjang, jagung manis dan sayur-sayur laen tergantung selera empunya warung hehehe. Paling enak dipaduin dengan nasi putih hangat, ikan Patin bakar/ Ikan Haruan (ikan Gabus khas Kal-sel) yang diGoreng/bakar plus sambal mangga/ sambal jeruk limau/ sambal pedas.
Ini vavorit saya teman-teman :D


b.      Gangan Asam
Ini beda sama sayur asam yang ada di daerah lain. Gangan Asam kuahnya berwarna kuning karena pake kunyit. Sayurnya sih biasanya kol, kacang panjang, irisan tomat, ada batang sereh sebagai penguat aroma etc. terus ada ikan yang di masak langsung disana, ikannya sih bisa patin atau Baung ( ikan sejenis lele, tapi hanya hidup di sungai). Menurut aku lebih enak kalau ikannya Baung (Di Kalimantan Tengah Banyak), ga bakalan ada bau lumpur seperti Patin :D. rasanya asam-asam segar.
gambar gangan asam patin 
 
c.       Gangan Karuh
Naah yang ini lebih asik lagi rasanya. Kuahnya keruh berwarna putih gelap dari santan dan sayurnya ada tumbuhan paku-pakuan. Sebenarnya gangan karuh lebih berat ke masakan Kalimantan Tengah, tapi di Banjarmasin juga banyak walau sayurnya dimodifikasi diganti sama daun putri malu, keladi (jadi gangan keladi) etc. Rasanya gurih dan agak manis.


d.      Gangan Humbut
Naah apalagi yang satu ini? Humbut adalah rotan muda, yang dipotong kecil2 dan dimasak sampai empuk dengan kuah yang mirip rasanya dengan kuah lontong. Rasanya sih aku kurang suka, agak-agak pahit. tapi anehnya lebih banyak yang suka, sesuai selera aja :D. tapi gangan humbut ada juga yang dari batang kelapa/ sawit (yang ini lebih ke masakan Kalimantan Tengah). Kalau yang ini aku doyan. Ga ada pahitnya. Yang ada malah manis empuk gurih. Paling enak sama daging sapi :D


Selesai untuk makanan berkuah, kita akan lanjut ke makanan keringan hehehe

1.      NASI KUNING
Yippi ini makanan sehari-hari saya kalau sarapan, tersedia di mana aja, d RM khas masakan Banjar, diwarung-warung, dipinggir jalan. Komplit dah. Nasi kuning khas banjar sama aja dengan nasi kuning daerah lain untuk nasinya. Mungkin agak sedikit gurih dari santan (Masakan Banjar senang banget ma Santan).
Yang jadi khas adalah lauk MASAK HABANG nya itu. Sensasi masak habang setiap warung pasti beda. Ada yang kental, encer, manis, manis pedas, berminyak dan warnanya juga beda. Ada yang merah segar, merah hati etc tergantung resep si empunya warung. Ikannya lagi2 HARUAN (wajib coba ini)/ Ayam/ telur/ daging/ dendeng sapi/ udang sungai/ hati ayam, yang semuanya di masak habang.


Yang enak dan udah mampir dilidah adalah : NASI KUNING RAHMAT, di Jl. Andalas Pasar Lama. Harga : Rp. 10.000
Nasi kuning nya pas karena komposisi santan dan air cukup. Rasa masak habang nya manis dan kental. Kalau mau pedas pake sambal aja :D (aku suka pedas, jadi aku tambahin sambal rawit yang tersedia)

Terus bagi yang suka porsi besar, adalah nasi Kuning CEMPAKA yang udah ada cabang di mana-mana. Sentralnya ada di RM CEMPAKA Jl. S.Parman. Tekstur nasi kuningnya karau, seperti nasi goreng. Masak habangnya agak encer tapi enak(aku selalu merasa kurang dengan bumbu masak habangnya). Tersedia lauk Haruan/ ayam/ daging/ dendeng sapi. Nasi kuningnya langsung dibungkus dengan daun pisang (jadi wangi sekali) harga : Rp 10.000

Ada juga nasi kuning langganan saya dulu, kalau lapar tengah malam, hehehe nasi kuning lumayan juga dimakan malam, harganya Cuman Rp.3500 saja. Tapi cukup banget untuk mengganjal perut. Rasanya enak looh. Adanya di S.Parman depan jasa pengiriman TIKI, sering disebut ma teman-teman nasi kuning TIKI :D

2.      Saluang Goreng

Ini ikan krispy banget saat digoreng kering, ada di RM Cendrawasih dan ada di Warung Makan Rahmat, makanan khas banjar Jl. S.Parman. rasanya hampir sama semua. Kryspy dan gurih. Cocok dimakan dengan nasi putih hangat, gangan banjar dan sambal. Harga: Bervariasi.

3.      Papuyu Baubar (Papuyu Bakar)

Papuyu adalah ikan khas yang kecil tapi rasanya manis dan enak. (tapi banyak tulangnya). Ikan ini memang mahal karena cukup musiman. Paling enak bila di ubar/ bakar plus cacapan buah asam pedas, bisa liat di foto. Harga; Rp 25.000
Ada disemua RM Masakan Banjar. Untuk rasa kurang lebih sama. :D

4.      ITIK PANGGANG
Aslinya masakan itik panggang jenis ini dari KOTA AMUNTAI, Salah satu kabupaten di Kal-Sel. Itik/ bebek yang digunakan adalah ITIK ALABIO, yang hanya di ternakkan di Kecamatan Alabio. Sekarang sih itiknya udah ga sebagus dulu kualitasnya. Sekarang itiknya udah hasil persilangan dengan bebek pedaging, jadilah itik SARATI yang dagingnya agak alot.
Kalau itik panggang di Amuntai sih enak sekali (4 Jam dari kota Banjarmasin kalau naek mobil, Jauh hehehe). Tapi kalau di Banjarmasin belum dapat yang enak. Yang lumayan di DEPOT Mandezo. Itik dibakar dengan bumbu kecap etc lalu dicincang kecil2 dan dibumbui dengan saus kecap plus tomat, lengkap dengan nasi putih dan kuah sup suun bening.
Harga: Rp 18.000 (lumayan enak laaah)

Tapi aku baru nemuin tempat baru, direkomendasikan oleh mama, yang dulu juga kuliah di Banjarmasin. Yaitu itik panggang di Warung Ma Haji, pertigaan Jl Jati. Pekapuran/ Pangeran Antasari. Asli yang ini enak euy, Harga Rp. 18.000

5.      UDANG GALAH

Udang Galah dari Banjarmasin adalah udang sungai yang pastinya beda sama udang budidaya. Rasanya enak banget, bisa di temui di semua RM Khas Banjar. Rp. 25.000-35.000 (mahal? Tapi sesuai rasa, hehe)

6.      Lalapan
Lalapan khas banjar apa ya??? Naah lalapan sih menurut aku sama aja semua. Tapi kalau jalan-jalan ke Banjarmasin dan masih pengen makan lalapan. Tempat2 ini adalah lalapan paling enak :
a.       Nasi Pecel Nyandang Roso
Weleeh masakan Jawa neuh hehehe, ada nya di Depan Duta Mall, warung tenda. Selalu padat penikmatnya nih,buka dari sore sampai malam. sambal lalapannya beda dengan yang lain pokoknya pedas manis enak. Sayurnya lalapan plus kol yang digoreng/ pecel.
Harga: Rp.11.000 untuk lalapan Ayam/lele
Rp. 14.000 untuk pecel Ayam/lele
Rp. 20.000 untuk pecel ikan nila (gede banget nilanya, bisa makan buat b2)
b.      Nasi Uduk  Bumbu Betawi
Naah masakan betawi lagi, Warung nasi uduk ini hanya berupa warung tenda yang buka dari sore. Kalau kemalaman datang pasti kehabisan. Adanya di Jl. Zafri Zam-Zam. Dekat RS Suaka Insan. Dipinggir jalan. Ayam Bakar bumbu betawinya enaaak sekali (vavorit nih ma temen2) Rp. 11.000.

c.       Ayam Bacem dan Kremes di Rumah Makan Bunda
Sambal lalapan ny pedas, ayam bacemnya manis, kalau kremesnya gurih. Nasi uduknya tidak terlalu enak, tapi aku suka Ayam bacem dan kremesnya. RM Bunda ada cabang dimana-mana. Yang paling enak yang di Kayutangi, Komplek Cemara (RM Permanen dan buka dari pagi) atau cabangnya di Kayutangi di depan STIE Banjarmasin, berupa RM Tenda yang besar (bukanya sore-malam)
Harga : Rp. 14.000an

d.      Lalapan Mama Haji di TARAKAN
Adanya di Jl Tarakan, komplek penikmat lalapan, tempatnya khas banget, semua berupa warung2 makan permanen berwarna hijau. Tapi yang paling konsisten dengan rasa sambal lalapannya adalah di Mama Haji ini, letaknya di paling ujung dekat tikungan jalan. Lauknya ada ayam, burung dara, bebek yang digoreng. Rasa sambal ada 3 jenis. Manis, pedas manis, dan pedas.
Harga: Rp 12.000

e.       WONGSOLO
Hehehe Wongsolo mungkin rasanya sama aja ya dimana-mana, tapi ayam bakar wongsolo enak banget, empuk dan sambelnya yahuud sekali. Wajib coba. Adanya di Jl. Tarakan juga, dekat mesjid Sabilal Muhtadin
Harga: Rp 18.000an

Untuk postingan Kue Khas Banjar, karena sangat variasi ada sekitar 41 macam, jadi di next postingan yaaa :D ayoo ke Banjarmasin :D

42 comments:

  1. wahhh....
    ini pnk lahh hasil dari hunting-hunting kuliner kmren ??
    hahahahahassseeekkkk....
    jd lapar nahh :D
    kpn kita nyantap kuliner brg lg ??
    hehehehe

    ReplyDelete
  2. Hahaha aq bingung kdd yg q tulis pan, jadinya baek bulah tulisan makanan enak BJm, ayoo kita hunting makanan asik, kapan? pas kam ultah aj nah :D

    ReplyDelete
  3. asik eh...aku urang banjar di medan.liat foto masakannya ja..udah terbayang rasanya hehehe

    ReplyDelete
  4. sifa: waah udah lama gak pulang ke banjarmasin yaaa?? ayoo makan2 di banjarmasin

    ReplyDelete
  5. postinganx'nya menggugah selera..^^
    mari berburu kuliner bersama-sama.

    ReplyDelete
  6. k amee: ahahai kapan?? aku udah tamat kuliah di BJM neh? cuman nunggu wisuda aja lagi :D

    ReplyDelete
  7. nasi pecel dan nasi rawon ada nggak?

    ReplyDelete
  8. keren2 bos ^_^
    *mari kita berwisata kuliner =D

    ReplyDelete
  9. ada kow,,, di banjarmasin semua makanan enak ada :D

    ReplyDelete
  10. kalau yang enak itu malah soto banjar di SOTO BAWAH JEMBATAN dong....coba dah sebelum makan baca bismillah...bandingkan mana rasanya yang asli soto dan mana yang hanya sesotoan aja.....Jadi jangan terkecoh dengan orang yang datang banyak ke suatu tempat makan tapi gunakanlah taste di lidah secara akal sehat....

    ReplyDelete
    Replies
    1. ooow santai mang cil....selera kan beda2 :D mungkin aja skrng bawah jembatan lebih enak ya, ganti resep atau koki ehehehe....
      udah lama juga ga makan di soto banjar

      Delete
  11. to anonymous,,,mrep coment"gunakanlah taste di lidah secara akal sehat...."
    hmm selera setap orang kan beda2.. aq bilang rasa sih kurang lebih sama,, tp kuah ny lebih kental d bang amat.. aq udah coba kow soto2 d bjm...untuk rasa sate ny aq akuin bawah jembatan lebih enak bumbu kacangnya :D sooo ayo berkuliner dengan hati yg bersih,, sapa tau sekarang bawah jembatan udah ubah resep ny atau koki ny jadi ngalahin bang amat hehehe

    ReplyDelete
  12. wawwww kerennnnn..........lengkap banget niiii......seger deh lidah dapat soto...

    ReplyDelete
    Replies
    1. yupp d bandung kangen banget aq ma soto banjar

      Delete
  13. empew sekali kali resepnya di masukin yah ,,,al kakawanan dari pulau sebelah banyak yang batakun cara baulah na kayamana>>>teguharifiatna

    ReplyDelete
    Replies
    1. hohoooo resepny cari d google ajeee.....
      dimana kam sekarang? aq d bandung

      Delete
  14. Hai ^^ cari cari kuliner di Banjarmasin nemu blog ini :D Mau tanya, semoga bisa kasi info :D, kalau bulan puasa, Itik Panggang Ma' Haji buka sampai jam berapa ya? 2 minggu lagi mau ke Banjarmasin, pas puasa soalnya, dan cuma 2H/1M :( trus, ada ga ya kulineran buat sahur juga? :D

    (tambahan, maap kl OOT, tau tempat sewa motor di Banjarmasin ga ya? biar gampang kulinerannya :D)

    Thanks sebelumnya ^^

    ReplyDelete
  15. thanks informasix smg sukses gan..

    http://www.saesalera.com/product/view/38/obat-pemutih-ketiak-dan-selangkangan

    ReplyDelete
  16. untuk lalapan di Jalan Tarakan, mama Haji ayamnya masih keras....

    Coba lagi deh makan di Depot Sahabat yang juga d Tarakan, ayamnya empuk sampai tulang. Sambelnya ada yg sedang ada juga yg pedas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia dulu enak di mama Haji...sekarang gak lagi... entah kenapa kualias rasa menurun nihhh...sekarang bnyak lalapan enak di BJM...sooo krena udah hampir 2 tahun stay d Bandung...jadi kangen kulineran lagi

      Delete
  17. Kebetulan, hari minggu jadwalnya ke banjarmasin, yg di search pertama kali adalah kulinernya, eh nemu blog ini pula,,,terimakasih ....sangat rekomended lah. semoga ga nyesel kuliner di sana. yogatea

    ReplyDelete
    Replies
    1. Moga Suka SOTO BANJARNYA YAAAA..... NASI KUNING nya juga hehehehe

      Delete
  18. artikel dan foto-fotonya keren keren boss.. Terimakasih infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuppps sama2...next time gw mau ke BROMO

      Delete
  19. Update lagi donk infonya.
    Aku dari Bandung, tugas di bjm. bingung nyari makanan enak di banjarmasin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah karena sekarang lagi di bandung.... udah hampir 2 tahunan nih hehehe...jadi gak bisa update kulineran di BJM....entar kalau ada pulkam ke BJM di updatee

      Delete
  20. Samua kada nyaman..! Yang nyaman tuh gangan asam lawan pais patin..
    Taliur unda nah..!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ham unda kada katuju lalu wan iwak patin tu.... baik nda makan haruan aja gen... Langu soalnya...apalagi bila iwak patin tambak..... bau tanah dan bama :( maaf lah asli kada katuju unda.

      Delete
  21. hemmmmm jadiii laperrrrr pake bangettt.heeee

    ReplyDelete
  22. wah enak nie tpi mau nyoba" 1 per 1 gk ada rekan ny jdi susah :D

    ReplyDelete
  23. Adakah yg tahu nasi gudeg di km3 pindah kemana

    ReplyDelete
  24. nah unda rasa samuan masakan ng diatas tu nyaman2 samuanan, tapi unda ne tuhuk jua sudah bahayau kasana kamari bacarai makanan ng nyaman, tapi unda balum suah lagi tatamu warung ng manjual gangan tilambung nyiur padahal nyaman banar tu gangannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah itu makanan nenek kayakny dulu suah masak itu .....

      Delete
  25. mantap bgt postinganya
    jadi pengen kuliner lg nech

    ReplyDelete
    Replies
    1. iaaaa astgr kaganangan banar wan soto banjar nah huhuhu nasi kuning Cempaka jua

      Delete
    2. Soto banjar atau nasi sop to yg paling nyaman ditambah sate itik serati (kisar) wah..........mantap banar, kadeda duanya rasanya.

      Delete
  26. Makasih nah..lg di jln mnuju bjm jar laki " nanti di bjm kuliner ya.?" Umaai bingung lawas kd bulik, untung te baca blog situ, jadi dpt tmpt recomend meski banyak jln yg kada tapi ingat lg sdh

    ReplyDelete
    Replies
    1. lawas kada diupdate apalagi ulun sdh 3 tahun d bandung hiks.... kada tau lagi kuliner bjm... kena diedit ni... sawat pan bulik k bjm bbrp kali tp makan soto banjar bang amat n nasi kuning cempaka aur itu aee hahahaha

      Delete
  27. Lapar perut mun bekesah masakan banjar neh..........
    apalagi mun ingat wan katupat kandangan, huh asa baliuran nah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iaa jadi handak ketupat kandangan, kena bila pulkam ke banjar harus terasai ni ketupat dengan haruan dan ayam kampung hahaha

      Delete
  28. ketupat kandangan hj. ida di kampung melayu nyaman juaaaa...
    sambalnya itu nah becampur lwan binjai ... hehe

    ReplyDelete

Thank you very much for visiting my blog :D
and leave a comment in this blog so can be better in the future ^^

My Blog

My Blog
Fashion, Fotografi, Chocolate, Coffe and Study

Share it

Total Pageviews

Wisata Kuliner Banjarmasin Murah dan Enak


Haii…. Kali ini aku mau postingin tentang makanan-makanan enak di Banjarmasin yang rasanya sudah teruji di lidah saya dan sohib-sohib q yang memang saat weekend berburu makanan enak. Kali ini makanan akan saya kategorikan sesuai tipe, berkuah-kuah dan keringan.
Kita mulai dari makanan berkuah dulu hehehe

1.      1. SOTO BANJAR
Waah yang ini terkenal banget, soto banjar dari namanya aja udah nunjukin asalnya. Soto khas Kalimantan Selatan ini emang maknyuuuuus sekali, apalagi buat sarapan dan makan malam saat cuaca dingin, langsung anget dah hehehe
Soto Banjar, ayamnya wajib ayam kampong, karena rasanya lebih gurih dan manis.
Tapi hati-hati sob, ga semua soto banjar itu enak??? Naah maksudnya tergantung sama yang bikin :D, tempat yang enak dan wajib coba adalah :

a.       SOTO BANG AMAT
Ini tempatnya terkenal banget friends, Letaknya di Banua Anyar bawah jembatan, hati-hati ya,, jangan ketipu sama SOTO BAWAH JEMBATAN. Lokasi SOTO BANG AMAT, tempatnya masuk jalan lebih dalam lagi melewati SOTO BAWAH JEMBATAN. Sebenarnya rasa kurang lebih sama, tapi BANG AMAT lebih gurih dan kuahnya juga lebih kental, porsinya banyak harganya pas.
Harga: Rp. 13.000/ porsi biasa dan Rp. 20.000/ porsi special
Bedanya sih lauknya aja lebih banyak :D (aku porsi biasa aja udah full kenyangnya)


Oh ya kalau kamu-kamu yang ga tau bedanya soto banjar sama sop banjar, sebenarnya kuahnya dan racikannya sama aja, tapi kalau SOTO, Kamu makannya pake lontong dipotong kecil-kecil, kalau SOP, pake Nasi? Naah bingung? Pokoknya beda ma Soto Lamongan yang makannya pake nasi? Tambah bingung? Hehehe



Note: Kalau mau makan soto/sop banjar yang lebih yahud di sini, jangan lupa pesan juga sate ayamnya dengan bumbu khas banjar (Bumbu Kacang+cabe merah kering, diblender, rasanya ajib, enak deh). Nggak semua yang ada sate ayamnya looh.

b.      SOTO Babat Mak Enggot
Ini pas banget ma kantong mahasiswa, kalau lagi lapar biasanya porsinya rada kurang (Komentar teman aq) tapi rasanya juga enak, tapi kalau buat aku pas-pas aja :D
Disini selain lauk sotonya ayam suwir, juga ada babat, lebih variatif laah. Letaknya di Kampung Melayu, dipinggir jalan. Kalau gak tau Tanya tukang ojek, tempatnya lumayan terkenal nih.
Harga : Rp 10.000 saja plus Es Teh manis

Note: Disini juga ada sate ayamnya, tapi kalau datangnya malam, pasti satenya sudah habis :D

c.       SOTO H. Anang Ayam Bapukah
Apa bedanya sama soto banjar yang lain? Kalau soto banjar terkenal dengan ayam kampong suwirnya, kalau di Ayam Bapukah, maka akan ada potongan ayam yang ga beraturan. Pokoknya ayamnya di pukah (Dipatahkan dengan tangan saja). Cara masaknya sih seekor Ayam+bumbu2 direbus sampai lunak, lalu dipatahkan pake tangan. SOTO Ayam Bapukah ini adanya saat sore-malam aja. Tersebar di berbagai sudut kota dengan warung2 tenda pinggir jalan. Lokasi yang paling mudah ditemui adalah depan Duta Mall Banjarmasin dan Seberang RS Sari Mulya Banjarmasin (Jl. Pangeran Antasari). Untuk rasa, menurut aku standar, kuahnya kurang kental, tapi ayamnya banyak hehehe

Harga : Rp. 14.000

d.      SOTO KUIN Depan Kampus aq
Hahaha yang ini rasanya standar, tapi kalau lagi pengen soto malas nyari jauh-jauh yaa disini aja makannya, udah cukup enak, harganya? Just Rp. 6.000. tapi sebenarnya SOTO KUIN terkenal enak, adanya di daerah Kuin Banjarmasin. Saat kita mau ke Pasar Terapung biasanya melewati daerah KUIN. Rasa sotonya enak kalau yang diKUIN, Naah SOTO KUIN yang enak itu gampangnya ada di pasar terapung, kalian bisa makannya di atas kelotok, wiii sensasinya ajib, makan soto di klotok, jadinya goyang-goyang tapi uenak banget. Harga: Rp. 10.000 plus Es Teh Manis.


2.    2.  LONTONG
Lontong Kal-Sel beda banget ma Lontong Jawa. Lontongnya berbentuk segitiga yang dibungkus pake daun pisang. Kuahnya adalah santan berwarna kuning plus ikan gabus/ ayam/ telur yang dimasak habang (bumbu merah khas, hanya ada di Kalsel-Teng). Rasanya ajib, ikan gabusnya adalah Haruan yang sebelumnya digoreng, rasanya krispy maknyuuss. Lontong yang paling beken di Banjarmasin adalah : Lontong ORARI di Jl. Pahlawan/ Kampung Melayu
Harga: Rp 15.000an

Note: bila ga kuat makan-makanan gurih bersantan, pesan lontongnya porsi setengah aja yaa, udah cukup dijamin :D, jangan lupa pake sambal plus kecap manis juga enak :D

3.      3. KETUPAT KANDANGAN
Naah ini BEDA sama lontong, ketupat kandangan bentuk ketupatnya sama dengan ketupat lebaran, tapi bedanya adalah komposisi ketupatnya tidak padat, tetapi kasar dan masih terlihat bentuk butiran nasinya. Kuahnya santan gurih berwarna putih dengan lauk khas Ikan Haruan lagi hehehe, Haruan yang digoreng dan dibumbui. Kalau orang Banjar makannya pakai tangan, kalau saya karena tidak 100% Kalsel (campuran Kalimantan Tengah) jadi makannya tetap pakai sendok :D. Khasnya Ketupat kandangan biasanya ada jeroan ikan yang disate atau ditumis. Makannya plus sambal terasi pedas. Gurih manis Pedas , krispi lagi daging ikannya… Pak Bondan aj suka hehehe Maknyoos. Yang enak ada di KANDANGAN tentunya, kalau di Banjarmasin ada di RUMAH MAKAN PONDOK BAHARI, dekat siring sungai Martapura. Tanya aja deh tempat makannya lumayan terkenal. Arsitektur tempatnya rumah khas banjar, disini juga bisa nemu menu khas banjar lainnya. Tapi rasanya standar banget.


Harga: Rp 14.000an

4.       4. HAMPAP/ HARUAN KERING BATANAK
Hampap adalah ikan Haruan/ Tauman (sama dari jenis Gabus) yang dijemur setengah kering dan dimasak dengan bumbu bawang cabe dan kuah santan berkunyit. Rasanya asli enak coz gurih, asin tipis dan ada sensasi pedas dikit. Enak pokoknya. Yang enak ada di RM Rahmat di Km 3,5. 


Harganya : Rp. 15.000an
note: Pak Bondan dan Alexa wktu ke BJM sempat nyoba dan doyan banget :D

5.      5. Gangan-gangan (Sayur berkuah) Khas Kalimantan Selatan
Gangan2 ini pastinya tersedia di setiap RM khas Banjar, seperti DEPOT SARI PATIN dan RM IDAH di Jl. S. Parman seberang RS ISLAM atau RM CENDRAWASIH di Pangeran Samudera/ Kertak Baru.
Note: RM Cendrawasih Mahal dan rasanya biasa aja.

a.       Gangan Balamak
Rasanya gurih banget, karena pake santan kental… sayurnya ada blewah (waluh), kacang panjang, jagung manis dan sayur-sayur laen tergantung selera empunya warung hehehe. Paling enak dipaduin dengan nasi putih hangat, ikan Patin bakar/ Ikan Haruan (ikan Gabus khas Kal-sel) yang diGoreng/bakar plus sambal mangga/ sambal jeruk limau/ sambal pedas.
Ini vavorit saya teman-teman :D


b.      Gangan Asam
Ini beda sama sayur asam yang ada di daerah lain. Gangan Asam kuahnya berwarna kuning karena pake kunyit. Sayurnya sih biasanya kol, kacang panjang, irisan tomat, ada batang sereh sebagai penguat aroma etc. terus ada ikan yang di masak langsung disana, ikannya sih bisa patin atau Baung ( ikan sejenis lele, tapi hanya hidup di sungai). Menurut aku lebih enak kalau ikannya Baung (Di Kalimantan Tengah Banyak), ga bakalan ada bau lumpur seperti Patin :D. rasanya asam-asam segar.
gambar gangan asam patin 
 
c.       Gangan Karuh
Naah yang ini lebih asik lagi rasanya. Kuahnya keruh berwarna putih gelap dari santan dan sayurnya ada tumbuhan paku-pakuan. Sebenarnya gangan karuh lebih berat ke masakan Kalimantan Tengah, tapi di Banjarmasin juga banyak walau sayurnya dimodifikasi diganti sama daun putri malu, keladi (jadi gangan keladi) etc. Rasanya gurih dan agak manis.


d.      Gangan Humbut
Naah apalagi yang satu ini? Humbut adalah rotan muda, yang dipotong kecil2 dan dimasak sampai empuk dengan kuah yang mirip rasanya dengan kuah lontong. Rasanya sih aku kurang suka, agak-agak pahit. tapi anehnya lebih banyak yang suka, sesuai selera aja :D. tapi gangan humbut ada juga yang dari batang kelapa/ sawit (yang ini lebih ke masakan Kalimantan Tengah). Kalau yang ini aku doyan. Ga ada pahitnya. Yang ada malah manis empuk gurih. Paling enak sama daging sapi :D


Selesai untuk makanan berkuah, kita akan lanjut ke makanan keringan hehehe

1.      NASI KUNING
Yippi ini makanan sehari-hari saya kalau sarapan, tersedia di mana aja, d RM khas masakan Banjar, diwarung-warung, dipinggir jalan. Komplit dah. Nasi kuning khas banjar sama aja dengan nasi kuning daerah lain untuk nasinya. Mungkin agak sedikit gurih dari santan (Masakan Banjar senang banget ma Santan).
Yang jadi khas adalah lauk MASAK HABANG nya itu. Sensasi masak habang setiap warung pasti beda. Ada yang kental, encer, manis, manis pedas, berminyak dan warnanya juga beda. Ada yang merah segar, merah hati etc tergantung resep si empunya warung. Ikannya lagi2 HARUAN (wajib coba ini)/ Ayam/ telur/ daging/ dendeng sapi/ udang sungai/ hati ayam, yang semuanya di masak habang.


Yang enak dan udah mampir dilidah adalah : NASI KUNING RAHMAT, di Jl. Andalas Pasar Lama. Harga : Rp. 10.000
Nasi kuning nya pas karena komposisi santan dan air cukup. Rasa masak habang nya manis dan kental. Kalau mau pedas pake sambal aja :D (aku suka pedas, jadi aku tambahin sambal rawit yang tersedia)

Terus bagi yang suka porsi besar, adalah nasi Kuning CEMPAKA yang udah ada cabang di mana-mana. Sentralnya ada di RM CEMPAKA Jl. S.Parman. Tekstur nasi kuningnya karau, seperti nasi goreng. Masak habangnya agak encer tapi enak(aku selalu merasa kurang dengan bumbu masak habangnya). Tersedia lauk Haruan/ ayam/ daging/ dendeng sapi. Nasi kuningnya langsung dibungkus dengan daun pisang (jadi wangi sekali) harga : Rp 10.000

Ada juga nasi kuning langganan saya dulu, kalau lapar tengah malam, hehehe nasi kuning lumayan juga dimakan malam, harganya Cuman Rp.3500 saja. Tapi cukup banget untuk mengganjal perut. Rasanya enak looh. Adanya di S.Parman depan jasa pengiriman TIKI, sering disebut ma teman-teman nasi kuning TIKI :D

2.      Saluang Goreng

Ini ikan krispy banget saat digoreng kering, ada di RM Cendrawasih dan ada di Warung Makan Rahmat, makanan khas banjar Jl. S.Parman. rasanya hampir sama semua. Kryspy dan gurih. Cocok dimakan dengan nasi putih hangat, gangan banjar dan sambal. Harga: Bervariasi.

3.      Papuyu Baubar (Papuyu Bakar)

Papuyu adalah ikan khas yang kecil tapi rasanya manis dan enak. (tapi banyak tulangnya). Ikan ini memang mahal karena cukup musiman. Paling enak bila di ubar/ bakar plus cacapan buah asam pedas, bisa liat di foto. Harga; Rp 25.000
Ada disemua RM Masakan Banjar. Untuk rasa kurang lebih sama. :D

4.      ITIK PANGGANG
Aslinya masakan itik panggang jenis ini dari KOTA AMUNTAI, Salah satu kabupaten di Kal-Sel. Itik/ bebek yang digunakan adalah ITIK ALABIO, yang hanya di ternakkan di Kecamatan Alabio. Sekarang sih itiknya udah ga sebagus dulu kualitasnya. Sekarang itiknya udah hasil persilangan dengan bebek pedaging, jadilah itik SARATI yang dagingnya agak alot.
Kalau itik panggang di Amuntai sih enak sekali (4 Jam dari kota Banjarmasin kalau naek mobil, Jauh hehehe). Tapi kalau di Banjarmasin belum dapat yang enak. Yang lumayan di DEPOT Mandezo. Itik dibakar dengan bumbu kecap etc lalu dicincang kecil2 dan dibumbui dengan saus kecap plus tomat, lengkap dengan nasi putih dan kuah sup suun bening.
Harga: Rp 18.000 (lumayan enak laaah)

Tapi aku baru nemuin tempat baru, direkomendasikan oleh mama, yang dulu juga kuliah di Banjarmasin. Yaitu itik panggang di Warung Ma Haji, pertigaan Jl Jati. Pekapuran/ Pangeran Antasari. Asli yang ini enak euy, Harga Rp. 18.000

5.      UDANG GALAH

Udang Galah dari Banjarmasin adalah udang sungai yang pastinya beda sama udang budidaya. Rasanya enak banget, bisa di temui di semua RM Khas Banjar. Rp. 25.000-35.000 (mahal? Tapi sesuai rasa, hehe)

6.      Lalapan
Lalapan khas banjar apa ya??? Naah lalapan sih menurut aku sama aja semua. Tapi kalau jalan-jalan ke Banjarmasin dan masih pengen makan lalapan. Tempat2 ini adalah lalapan paling enak :
a.       Nasi Pecel Nyandang Roso
Weleeh masakan Jawa neuh hehehe, ada nya di Depan Duta Mall, warung tenda. Selalu padat penikmatnya nih,buka dari sore sampai malam. sambal lalapannya beda dengan yang lain pokoknya pedas manis enak. Sayurnya lalapan plus kol yang digoreng/ pecel.
Harga: Rp.11.000 untuk lalapan Ayam/lele
Rp. 14.000 untuk pecel Ayam/lele
Rp. 20.000 untuk pecel ikan nila (gede banget nilanya, bisa makan buat b2)
b.      Nasi Uduk  Bumbu Betawi
Naah masakan betawi lagi, Warung nasi uduk ini hanya berupa warung tenda yang buka dari sore. Kalau kemalaman datang pasti kehabisan. Adanya di Jl. Zafri Zam-Zam. Dekat RS Suaka Insan. Dipinggir jalan. Ayam Bakar bumbu betawinya enaaak sekali (vavorit nih ma temen2) Rp. 11.000.

c.       Ayam Bacem dan Kremes di Rumah Makan Bunda
Sambal lalapan ny pedas, ayam bacemnya manis, kalau kremesnya gurih. Nasi uduknya tidak terlalu enak, tapi aku suka Ayam bacem dan kremesnya. RM Bunda ada cabang dimana-mana. Yang paling enak yang di Kayutangi, Komplek Cemara (RM Permanen dan buka dari pagi) atau cabangnya di Kayutangi di depan STIE Banjarmasin, berupa RM Tenda yang besar (bukanya sore-malam)
Harga : Rp. 14.000an

d.      Lalapan Mama Haji di TARAKAN
Adanya di Jl Tarakan, komplek penikmat lalapan, tempatnya khas banget, semua berupa warung2 makan permanen berwarna hijau. Tapi yang paling konsisten dengan rasa sambal lalapannya adalah di Mama Haji ini, letaknya di paling ujung dekat tikungan jalan. Lauknya ada ayam, burung dara, bebek yang digoreng. Rasa sambal ada 3 jenis. Manis, pedas manis, dan pedas.
Harga: Rp 12.000

e.       WONGSOLO
Hehehe Wongsolo mungkin rasanya sama aja ya dimana-mana, tapi ayam bakar wongsolo enak banget, empuk dan sambelnya yahuud sekali. Wajib coba. Adanya di Jl. Tarakan juga, dekat mesjid Sabilal Muhtadin
Harga: Rp 18.000an

Untuk postingan Kue Khas Banjar, karena sangat variasi ada sekitar 41 macam, jadi di next postingan yaaa :D ayoo ke Banjarmasin :D