2.24.2011

fitur-fitur dalam Kamera Digital

3 comments    
categories: 
Kita Maksimalkan fitur-fitur dalam Camera Digital kita yuuu

Assalamualaikum Wr Wb
Teman-teman yang lagi santai net-an, membaca artikel ini sejenak dijamin bakalan dapat ilmu bermanfaat hehehe. Hari ini saya mau bagi artikel bermanfaat hasil hunting-hunting foto dengan Camera pocket LUMIX yang baru aku beli :D
Friends,, tulisan ini sangat simple dan sederhana, just buat teman-teman seperti saya yang pengetahuan fotografinya sangat terbatas. Mohon kritik dan saran bila ada penjelasan aku yang menyimpang hahahaha
Disini juga menggunakan bahasa yang mudaaah sekali difahami dan penting2 aja. Dijamin gak bakal mumet bacanya, karena penggunaan istilah fotografi yang rumit aku ganti sama bahasa awam dan kalaupun terpaksa pakai istilah, pasti aku kasih penjelasannya (admin sok banget, kayak ngerti fotografi aja nih, hahaha sama2 belajar yaaa)

Camera Digital Pocket udah jadi pegangan paling oke buat nemenin kita yang sedang kena virus narsis akibat lagi seru-seru nya Social networking… upload..upload… tiap hari beranda kita dipenuhin foto-foto yang “dipamerin”, mau beranda Facebook, Twitter, 4square sampai Koprol (hmmm hari gini masih ada yang FS an ga yaa? Dengan isengnya aku buka fs, semua jejaring socialku kebetulan pake e-mail dan password yang sama. Jadi ga ada istilah lupa password hehehe. Woilaaa ternyata masih ada yang pake FS, foto profil ku masih jadul, maklum foto waktu SMA.)

Naah hari gini masa sih upload foto yang biasa-biasa aja?? Kreatif dikit yoo, salah satunya upload foto-foto kamu yang diambil ma Camera Digital. Jangan pake handphone mulu. Sayang kan udah beli CamDig malah disimpen :D
Hasil foto dengan Camera Digital selain lebih tajam juga lebih bagus saat diedit :D (kangen deh ma Camera digital jadul punya kakak 3tahunan lalu, yang masih resolusi 7 megapixel an :D, tapi rusak krena tangan2 tidak brtanggungjawab :( 

Editor foto paling keren sampai sekarang adalah si Adobe Photoshop CS3 keatas yaa, fiturnya lengkap dan tools nya sekarang lebih praktis. Kalau mau belajar editor photoshop bisa download e-book gratisannya yang tersebar di net :D atau kursus kilat ma temen yang udah jago (termasuk saya wkwkw)

Kalau mau menghasilkan foto-foto yang BAGUS dan INDAH yang paling penting adalah sering-sering hunting/ mengambil foto dengan sudut pengambilan yang berbeda-beda, istilahnya cari angle yang pas. Perhatikan limpahan cahaya yang ada. Semua hasil foto tergantung tangan Anda (Kata Om aku yang fotografer nih :D) terus editan juga menentukan indah/ artistic/ seni nya sebuah foto.

Hahaha aku kebanyakan pengantar ya, OK jangan protes langsung aja kita bahas satu-satu apa aja sih yang ada di Camera Digital pocket kita yang tersimpan itu (hiks T_T)

A.    LENSA
Kebanyakan lensa yang dipakai pada Camera digital pocket adalah Lensa Wide dengan ukuran 20mm-35 mm, Lensa wide kadang dibutuhkan jika kita ingin merangkum sebuah scene seluas-luasnya dgn memasukan object yang banyak atau yang berjauhan atau ingin mendapatkan perspektif yg unik (kata Oom Fotografer), lensa Wide jangkauan lensanya sudah cukup lebar buat ngefoto banyak orang dalam ruangan biar masuk ke camera semua dengan lokasi pengambilan gambar yang sempit.

B.     Lampu Flash
Pada camdig pocket Flash sudah pasti ada dari zaman nenek moyang nyiptain Camera hehehe tapi gak bisa diutak-atik cuman bisa On/Off. kalau camera DSLR pro, lampu flash bisa ditambahin.
Ini penting sekali, buat ngambil foto ditempat gelap minim cahaya, kayak waktu malam hari. Untuk foto Outdoor (luar ruangan) pada siang hari setting Flash lebih baik dimatikan (Off), jangan bergantung pada mode AUTO FLASH. Atau terserah si fotografer aja mau foto yang gimana ^^

C.     EV (exposure Value)
EV… tingkatan cahaya?? Admin bingung juga, karena malas searching aku langsung aja ke apa yang aku fahami #hahaha penulis menyebarkan ajaran sesat#
EV pada camdig pocket biasanya memiliki nilai -2, -1, 0, +1, +2.
Dengan EV yang berbeda maka kualitas cahaya pada foto akan berbeda. EV yang + digunakan untuk menghasilkan gambar yang lebih terang dibanding normal (nilai 0), begitu juga sebaliknya. Ini admin kasih foto dengan EV yang berbeda, maka hasil foto akan sangat berbeda. Pintar-pintar berkreasi :D

D.    Mode foto
Inilah mode-mode foto yang ada di camdig pocket tersayang kita, yang dengan permohonan minta-minta ke ortu, dengan usaha dan doa akhirnya kebeli juga#author ngelebay# hahahaha langsung check it out! 

1.      Mode AUTO
Hmm ini mode yang paling praktis dipakai, karena nggak ribet musti ganti-ganti settingan Scane. Tapi…. Kalau cs sering pake mode ini, dijamin foto yang dihasilkan biasa-biasa aja J

2.      Mode NORMAL PICTURE
Pada beberapa Camera, termasuk Panasonic LUMIX, ada mode ini. Mode ini bisa diutak-atik settingan manualnya. Pada settingan Camera. Ada tulisan ISO (Sensitivity). WHITE BALANCE, AF MODE, BURST, DIGITAL ZOOM, COLOR MODE, STABILIZER, AF ASSIST LAMP  dan RED-EYE REMOVAL.

Naaah akan kita bahas satu-satu apasih fungsi dari mode-mode itu, Check it Out :
a.       ISO
ISO 80, ISO 800, ISO 1600 sampai ISO 3200. Naah maksudnya apalagi ini?
Aku jelaskan dengan bahasa awam fotografi seperti aku hehehe. ISO ini adalah kemampuan lensa menangkap cahaya. ISO rendah (IS0 200 kebawah misalnya) cocok untuk pengambilan foto Outdoor dengan cahaya berlimpah. Teman2 bisa coba-coba ISO mana yang menghasilkan foto paling natural. Untuk foto malam hari bisa gunakan ISO tinggi. Tapi nanti foto akan banyak Noise (bintik-bintik kaya semut gitu di fotonya, kelihatan banget kalau foto diperbesar), terus bila Ngefoto pake ISO tinggi shutter jadi agak lambat, so ngefotonya jangan gerak-gerak tangannya. Sebagai contoh saat memfoto pada malam hari iso yang digunakan 800-1000 (cahaya lampu cukup), agar gambar tidak blur, jangan gerak-gerak memfotonya.

b.      WHITE BALANCE
Kamera digital sekarang ini mempunyai setting white balance. Kontrol memungkinkan kamera untuk mengkompensasikan sensornya keberbagai kondisi temperatur cahaya, sehingga sensor kamera dapat merekam warna foto seperti warna yang mata kita lihat. Beberapa sekarang ini sudah dibuat dengan berbagai macam nilai preset untuk white balance, seperti cloudy, shade atau tungsten. Setting ini dapat diaplikasikan dengan cepat untuk menghasilkan warna netral. Beberapa kamera terbaru saat ini bahkan juga mempunyai setting manual berdasarkan nilai kelvin.
Oke, sekarang author yang baek ini akan menampilkan foto iseng meggunakan mode yanga ada pada White Balance. Foto diambil pada jam 10 pagi.





Okee bisa lihat kan perbedaanny? Dengan White Balance yang beda, maka hasil foto akan beda juga :D silakan pilih yang paling tepat buat foto kamu.

c.       AF MODE
AF? Auto Focus. Jadi si camera udah baek nih, kita bisa milih focus mana yang paling oke buat objek kita yaaa :D
Dengan foto yang focus, maka kamu bisa menghasilkan gambar tajam pada objek yang benar-benar ingin di tonjolkan :D Seni memfoto kan disini nih, mesti FOKUS mau moto yang mana.


d.      BURST
Digunakan untuk menghasilkan jepretan foto lebih dari satu. Efektif banget untuk memfoto subjek bergerak. Caranya saat memfoto tekan terus tombol shutter sampai waktu/ foto yang diinginkan. Pada mode ini lampu FLASH tidak akan berfungsi (tapi ada beberapa camera yang FLASHnya tetap nyala). Disarankan pengambilan foto dengan mode ini pada siang hari atau tempat berlimpah cahaya :D

e.       DIGITAL ZOOM
Weeh masih ada yang belum ngerti Digital Zoom? Tapi masih author tuliskan hehehe
Ini buat ngambil objek yang jauh aja nih, tidak disarankan menggunakan mode ini. Foto yang dihasilkan pecah dan tidak tajam. Gunakan OPTIKAL ZOOM aja yoo. Pake ketekan yang bisa digeser disekeliling tombol Shutter (tombol bulat yang dipencet buat Moto).

f.       COLOR MODE
Disini ada berbagai mode nih, ada yang standar, Natural, Vivid deelel, bisa dicoba satu-satu. Tapi karena author lagi baek. Ini author sisipkan foto2 yang diambil dengan color mode yang berbeda. Foto diambil malam hari saat author lagi nulis ni artikel :D sambil ditemenin sinetron ISLAM KTP, hahaha ne Sinetron bagus nambah pengetahuan agama. Hahaha author malah promosi gak jelas.
Untuk mode sephia, balck and white dll gak usah dipake deh, mending pake mode normal aja, Entar kah hasilnya bisa diedit di Photoshop.

g.      STABILIZER
Rata-rata Camdig 1,5 juta keatas udah ada Stabilizer. Ini penting sekali plend buat ngambil foto bergerak biar ga BLUR (kabur atau gak tajam). Rekomendasi Camdig yang oke banget STABILIZERnya adalah Yassica (weee jangan bilang baru denger ni merk Camera# temen aku yang waktu itu beli pocket juga baru tau ni merk ada, lucunya setelah kena pengaruh mas2 cakep yang jualan# betulan mas2nya cakep :p# akhirnya temen aku beli ne Camera, Yassica tipe apa, aku lupa), kecepatan lensa dan STABILIZER nya menghasilkan gambar tanpa goyang sedikitpun walau memfoto objek bergerak (kita testing semua tipe)
Ada juga CANON (tipe POWERSHOT) sudah dilengkapi STABILIZER yang lumayan (Author udah ngetes Camdig nya waktu mau beli duluu hehehehe). Merk laen lumayan juga laah kaya Olympus atau Panasonic (author beli Panasonic, karena lensa LUMIX nya yahuud). Untuk CASIO ga recommended deh
.
h.      AF ASSIST LAMP
Af menyala atau tidak, silakan author coba keduanya. Pilih yang pas :D

i.        RED-EYE REMOVAL
Cs…pernah gak lihat foto yang mata subjeknya merah? Sereeeem kaya setan hahaha, itu karena mode ini OFF.
Setting ini ke mode ON. OK. Biar menghasilkan mata yang natural.

Sekian sudah pembahasan pada mode NORMAL PICTURE (beberapa Camera gak punya mode ini looh, jadi jangan bingung. Contohnya CANON seri POWERSHOT dan seri IXUS yang sangat populer, semua serba otomatis (just punya mode AUTO dan Sedikit Scene) jadi foto yang dihasilkan biasa aja.

3.      SCENE MODE
Ini nih yang bisa bikin CS bingung kan, saat ngefoto mau pilih mode mana. Tapi udah ada panduannya tuh :D

Aku lampirkan penjelasan SCENE MODE yang popular/ umum dan hampir ada disetiap kamera aja, karena setiap merk Camera, Scene mode nya berbeda-beda.

a.       Potrait
Buat ngefoto orang hehehe, kayak foto close up :D (setengah badan) jadi foto lebih focus pada objek.

Hahahaha blogger kepedean, pasang foto sendiri :D

b.      Soft skin
Hasil foto akan haluuss……mungkin cocok buat foto air mengalir? pada beberapa Camera mode air mengalir/ air terjun juga ada :D

c.       Self Potrait
Ngambil foto orang, focus pada yang dituju gitu :D. foto yang difokuskan akan tajam dan sekelilingnya akan jadi sedikit blur (hanya sedikit, hasilnya gak akan seperti kamera DSLR, yang lensanya bisa diputar-putar biar focus, terus zoomnya gede buat mempersempit ruang focus so backround akan blur sepenuhnya. Gak akan bisa kalau pake camdig pocket, saatnya photoshop bermain :D)

Belakang foto sedikit Blur :D

d.      Scenery
Mengambil foto landscape/ pemandangan/ arsitektur yang luas, jadi foto akan tajam dari segala sisi/sudut, cocok nih buat foto rame-rame atau grup.

e.       Sports
Mode ini cocok untuk mengambil foto bergerak. Saat orang lagi olahraga gitu, dengan kesabaran entar pasti akan dapat foto yang bagus. Semangat ya buat mencet tombol shutternya terus dan terus hehehe

f.       Night Potrait
Buat moto malam hari, settingan ISO manual adalah 800-1000, kecepatan rana akan jadi 1/8. Saat memfoto, goyangan sedikit saja maka foto akan blur. Ini karena kecepatan rana menurun, kecepatan rana mengatur waktu pencahayaan, sedangkan diafragma mengatur volume cahaya dari lensa. Kecepatan rana menurun karena si lensa lagi ngumpulin cahaya biar objek gak gelap.

g.      Night Scenery
Pemandangan malam/ sore... saat sang surya meredupkan cahayanya # author lebay lagi hahaha#
Seperti siluet yaa?


h.      Food
Momfoto makanan, saturasi warna foto akan lebih tajam dan kontras akan terlihat jelas. Saturasi itu tingkat ketajaman warna (rasanya sih hehehe) atau komposisi warna?? hmmm

i.        Party
Ngefoto party yang seru dan full colour, biar semakin bagus dan tajam hasilnya.

j.        Candle Light
Ini bagus banget buat foto romantic, cahaya akan terlihat hangat. Kayak waktu pake settingan White Balance (WB) yang hangat.

k.      Baby
Buat foto bayi/ anak yang gerak-gerak gak sadar camera gitu hohoho (mode ini ada di Panasonic, dengan kemampuan face detection jadi si baby bisa dikasih nama plus umurnya, camera langsung mengenali nama si Baby saat lensa tertuju pada wajahnya)

l.        Pet
Buat memfoto peliharaan kamu, yang sering dibawa tidur sama makan bareng? Loooh# Author dah error, nulis dari awal gada berhenti# mumpung ide lancar hahaha
Pada camera Panasonic LUMIX, mode ini, si lensa bisa ngikutin si binatang kemana aja, focus gitu (mode AF Trackling)

m.    Sunset
Ngefoto sunset, jadi foto akan natural, warnanya akan hangat… so romantic nih.

n.      High Sens
Foto sangat sensitive dengan cahaya, foto akan terang. Tapi admin gak penrnah pake mode ini buat moto??

o.      HI-SPEED BURST
Buat memfoto misalnya penari/ dancer gitu. Kan objek gerak-gerak tuh, jadi dengan hasil jepretan yang banyak dengan sekali pencet tombol shutter. Diharapkan akan mendapat foto dengan angle terbaik. Tapi harus diingat ukuran foto hanya akan 2-3 Megapixel.  bagusnya digunakan saat siang hari/ cahaya berlimpah.

p.      FLASH BURST
Ini bedanya sama diatas cuman pake Flash, buat memfoto malam hari/ cahaya kurang.

q.      FIREWORKS
Buat ngefoto kembang api, atau petasan, atau apalah sejenisnya, atau foto2 lampu hias saat pawai tanglong tahun baru ISLAM saat malam hari yaaa :D

r.        BEACH
Foto pantai, untuk area dengan cahaya silau, jadi foto akan natural dan good looking. Gak over exposure (over pencahayaan)

s.       SNOW
Ngefoto Salju?? Aku gak pernah pake mode ini, wong saljunya gak ada di Indonesia??? Belum pernah ke Negara bersalju siiih (nasiborangtakpunya) L

t.        AERIAL PHOTO
Foto udara, misalnya dari pesawat. Awan-awan akan terlihat detail dan tajam

Sekali lagi juga# Author benar2 pusing nyelesaikan artikel ini#: Sebagus apapun Camera kamu, kalau kamu gak  bisa memaksimalkannya percuma, Foto tetap akan biasa saja. Dan Sesederhana apapun Camera yang kamu pakai (walau handphone) kalau udah ngerti ilmunya, InsyaAllah pasti bagus. (Pesen nih dari oom fotografer) Sharing-Sharing………………………….

Hooooam ngantuk, Alhamdulillah penulis udah berjibaku#lebay lagi# buat nulis ne artikel untuk di sharing sama teman-teman semua (sekali lagi buat yang awam fotografi seperti aku), bila ada fotografer yang ngebaca, mohon kritik dan saran untuk tulisan ini :D

NOTE: Teman-teman yang baru mau beli CamDig… kalau ingin mendapatkan foto yang tajam dengan budget terbatas, Kamera Digital dengan lensa LUMIX, CCD udah menghasilkan ketajaman foto menyamai kamera DSLR (ituu tuuh kameranya fotografer professional hehehehe), bedanya kamera DSLR banyak settingan mode gambarnya dan Lensanya dapat dimodifikasi.
Kalau CamDig sangaaaat terbatas. Kalau teman-teman cuman pengen menghasilkan gambar tajam, cukup sediakan budget 1,5 JUTA keatas :D SIP

3 comments:

  1. jadi photografer skaligus model kaa whne km nis??
    bnyak tau masalah kamera digital.
    hehehhe

    ReplyDelete
  2. makasih yah tutorial untuk foto digital nya, bis maksimalin gambar yang diambil nih hehhe

    ReplyDelete
  3. andry: makasiih juga udah berkunjung yaa :D

    ReplyDelete

Thank you very much for visiting my blog :D
Tinggalkanlah jejak dengan memberikan komentar atau sapaan pada penulis ^^