Pantai Abadi Boltim, Serpihan Surga di Sulawesi Utara

Pantai Abadi Boltim, sebuah pantai yang mungkin asing sekali di telinga teman teman semua. Pantai ini ada dimana? Boltim adalah singkatan dari Bolaang Mongondow Timur, sebuah Kabupaten di Sulawesi Utara. Pantai ini tidak berpenghuni, untuk sampai ke pantai ditempuh menggunakan perahu motor kurang lebih 10 menit dari desa Jiko/Jiko Port.

Dari kota Manado ke Desa Jiko bisa ditempuh melalui jalur darat kurang lebih 4 Jam melalui jalur Ratahan-Kotamobagu, anda bisa menggunakan google map dan saya bisa katakan jalan relatif aman dan nyaman di November 2019, karena saya baru saja datang ke pantai ini.

Welcome in Beautiful Beach
Karena sekarang saya menetap di Kotamobagu, maka perjalan menjadi semakin singkat. Kurang lebih 1 Jam 30 menit (42 Km) waktu yang diperlukan sampai ke Desa Jiko, untuk ke Pantai Abadi kita hanya perlu menyewa perahu di Jiko Port. Bila anda rombongan anda bisa menyewa perahu besar dengan biaya per orang 20000-25000, pintarlah bernegosiasi dengan penduduk setempat ya.

Para pemilik perahu di desa Jiko sudah terbiasa mengantarkan wisatawan ke pantai ini, kurang lebih 10 menit menaiki perahu mata kita dimanjakan dengan pemandangan laut dan karang yang luar biasa indah. Saat sampai ke Pantai ini saya hanya mengucap MasyaAllah saya katakan super cantik, pasir sehalus bedak dan air laut biru kehijauan juga bebatuan karang kokoh meliputih pantai.

Pantai ini sepi, tidak ada satupun orang berjualan, benar benar pantai yang masih perawan. Saat pertama kali saya datang ada Ibu berjualan air mineral dan pop mie, dan Kopi sachet, saat datang ke dua kali sudah tidak ada, ada toilet untuk ganti baju dan ada banyak bungalow untuk bersantai dan bisa untuk tiduran atau makan bekal bila kamu datang untuk piknik.

Anda mau snorkling? tentu saja bisa. bawalah peralatan snorkling sendiri karena di Pantai ini belum ada penyewaan snorkling.






Batu Karang Fenomenal, banyak yang mengambil photo diatas batu karang ini

Cantik apa adanya tanpa poles dan dit

Ini saya kasih bonus saya lagi motret ya

Oke inilah cuplikan kecil pantai Abadi Boltim, bila datang Ke Sulawesi Utara sempatkanlah mampir kesini, Pasir nya sangatlah halus dan putih. Indah, saya pun betah datang berkali kali ke sini. Saya berharap Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur lebih memberikan fasilitas wisatawan untuk Pantai ini, karena terlalu sayang bila dibiarkan begini saja. eh tapi bukankah pantai perawan seperti ini yang mungkin anda cari untuk menenangkan diri? hahaha kembali pada selera, yang pasti serpihan surga ini begitu sayang bila tidak kamu masukkan dalam list saat ke Sulawesi Utara.

Comments